Sektor peternakan di Dompu NTB mengalami kemajuan

id Peternakan di Dompu ,NTB,Wakil Bupati Dompu ,Sapi

Sektor peternakan di Dompu NTB mengalami kemajuan

Ternak sapi yang ikut kontes di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Dompu.

Mataram (ANTARA) - Wakil Bupati Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Syahrul Parsan mengatakan sektor peternakan saat ini mengalami banyak kemajuan dan perubahan dampak dari pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

"Sebagai masyarakat kita harus bangga dengan kemajuan dan perubahan yang dicapai dunia peternakan," katanya saat membuka acara kontes ternak sapi di lapangan Transad Kecamatan Manggelewa di Dompu, Selasa.

Ia mengatakan ada banyak jenis ternak unggulan khususnya sapi sebagaimana terlihat di acara kontes yang ditampilkan oleh para peserta atau peternak. Perkembangan pengetahuan masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi ikut mewarnai perubahan dan kemajuan yang terjadi.

"Saya melihat ada banyak kemajuan yang dialami dunia peternakan di daerah ini dan kita patut bangga dengan perubahan ini," katanya.

Ia mengatakan dari kontes ini terlihat para peternak tidak hanya bergelut dengan sapi lokal yang biasa dan sering terlihat selama ini. Namun para peternak telah mengembangkan berbagai jenis sapi unggul dengan bobot yang lebih besar dari sapi lokal.

"Perkembangan yang baik ini menjadi indikator adanya kemajuan yang dicapai para peternak yang tentunya berdampak yang baik juga bagi kesejahteraan para peternak itu sendiri," katanya.

Ia mengatakan kemajuan yang dicapai para peternak mengembangkan ternak sapi besar juga tidak luput dari semakin aktifnya Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Dompu melakukan penyuluhan ke masyarakat.

"Aktifnya para petugas peternakan memberikan penyuluhan yang berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya peternak mengembangkan ternak besar mempengaruhi mindset masyarakat dalam membuka peluang usaha di bidang peternakan," katanya.

Wabup mengimbau para petugas peternakan untuk terus aktif memberikan penyuluhan kepada para peternak yang ada, sehingga mereka terus mengalami kemajuan dalam usahanya.

Baca juga: Kontes ternak tingkatkan nilai jual sapi di Situbondo Jatim
Baca juga: NTB berupaya tambah populasi sapi potong guna jaga ketersediaan daging

"Para petugas peternakan terus aktif memberikan penyuluhan sehingga pengetahuan para peternak terus meningkat dan kesejahteraan mereka pun menjadi lebih baik," katanya.

Bagi para peternak bila menemui kesulitan terkait pengembangan sapi besar agar tidak segan untuk berkonsultasi dengan para petugas Peternakan baik di UPTD Peternakan Kecamatan maupun di Kabupaten.

"Jika ada usaha peternakan yang ingin dikembangkan, bisa dikonsultasikan dengan pemerintah daerah," katanya.