Pembalap Martin pimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP Prancis

id Jorge martin,motogp prancis,motogp prancis 2024,motogp 2024

Pembalap Martin pimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP Prancis

Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin saat melakoni jumpa pers menjelang MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Kamis (9/5/2024). ANTARA/HO-MotoGP/am.

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memimpin sesi latihan pertama (FP1) MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Jumat.

Martin menjadi yang tercepat dengan catatan waktu putaran terbaik 1 menit 31,421 detik, berada tepat di depan pembalap muda Pedro Acosta (GASGAS Tech3) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang masing-masing terpaut 0,257 detik dan 0,267 detik.

Mengekor di belakangnya adalah duo Ducati Lenovo, Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia yang masing-masing memiliki margin waktu 0,416 detik dan 0,431 detik dari sang pemimpin balapan.

Melengkapi posisi 10 besar pada sesi latihan bebas pertama ini adalah Alex Marquez (Gresini Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), Marc Marquez (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46).

Beberapa hal menarik dari rangkaian pertama MotoGP Prancis kali ini adalah adanya sejumlah pembalap yang terlihat kesulitan untuk melalui beberapa tikungan di Le Mans. Salah satunya adalah Binder yang mengalami kecelakaan tunggal saat berusaha melewati Tikungan 11.

Baca juga: Pembalap Jorge Martin tetap teratas

Sang pembalap tuan rumah Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) juga mengalami masalah keseimbangan pada motornya saat berusaha melewati Tikungan 7, tetapi ia mampu mengontrol motor dengan baik sehingga tidak terjatuh.

Adapun Quartararo yang balapan dengan desain helm spesial MotoGP Prancis hanya dapat menyelesaikan sesi latihan bebas pertama ini di posisi ke-20.

Sementara itu, rangkaian MotoGP Prancis dimulai pada Jumat (10/5). Pada pukul 16.00 WIB digelar sesi latihan bebas (FP) pertama, lalu pada 20.00 WIB adalah sesi latihan.

Lebih lanjut pada Sabtu (11/5) untuk sesi FP 2 akan digelar pada pukul 15.00 WIB, dilanjutkan dengan sesi kualifikasi dan Sprint, yang masing-masing diadakan pada pukul 16.00 WIB dan 20.00 WIB.

Sementara di hari Minggu (12/5), akan bergulir balapan utama pada pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Pembalap Martin tak temukan kendala berarti dan rebut gelar MotoGP