Survei SPIN unggulkan Sudaryono di Pilkada Jateng

id Igor Dirgantara, Survei SPIN, Pilkada Jawa Tengah, Pilkada Serentak

Survei SPIN unggulkan Sudaryono di Pilkada Jateng

Direktur eksekutif SPIN Igor Dirgantara (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei yang mengunggulkan Ketua Umum Gerindra Jawa Tengah Sudaryono pada Pilkada Jateng 2024.

"Secara spontan publik ditanyakan tanpa menyebutkan nama-nama kandidat. Secara mengejutkan yang menjadi top of mind adalah Sudaryono," kata Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara dalam pemaparan daring di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan Sudaryono memperoleh elektabilitas 18,7 persen dalam metode pertanyaan terbuka. Sementara nama-nama lain yakni Hendrar Prihadi 12,3 persen, Taj Yasin Maimoen 11,1 persen, Dico Ganinduto 9,1 persen, Ahmad Luthfi 8,8 persen, Muhammad Yusuf Chudlori 7,7 persen, Wihaji 5,9 persen, Casytha Arriwi Kathmandu 2,4 persen, Rukma Setyabudi 2,1 persen, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul 2 persen dan Kaesang Pangarep 1,8 persen.

"Nama Bambang Pacul dan Kaesang masih muncul di ingatan publik. Sementara masih ada sebagian besar atau 18,1 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab," ungkapnya.

Survei SPIN di Jawa Tengah dilakukan pada tanggal 27 Mei - 4 Juni 2024 dengan total jumlah sampel 1.070 responden dengan margin of error (MoE) +/- 3,0 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sementara kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP.

Sebaran sampel tersebar di 35 kabupaten/kota, dengan teknik multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka melalui bantuan kuesioner dengan quality control 10 persen dari sampel.

Igor menjelaskan terdapat berapa faktor yang mengunggulkan Sudaryono, diantaranya efek Jokowi dan Prabowo. Hal itu disebabkan kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Baca juga: NasDem plenokan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada NTB
Baca juga: Perludem nilai KPU tak dapat tindaklanjuti putusan MA


"Sudaryono mendapatkan spill over (limpahan) dari pemilih Prabowo," ujarnya.

Faktor lain lanjut Igor, karena Sudaryono sangat peduli terhadap pengembangan UMKM baru di Jawa Tengah. Salah satu program unggulan pengembangan sektor UMKM atas Sudaryono adalah "warung juang". Program ini merupakan kepanjangan tangan dari program Prabowo Subianto yang dicetuskan pada bulan Desember 2022 lalu.

"Sudaryono adalah Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Kita ketahui bersama melalui itu ia memulai kampanye mengembangkan puluhan ribu UMKM baru di Jateng," kata Igor.