Ikut serta Word Environment Day 2024, SMKN 3 Mataram dukung Visi NTB Maju Melaju

id SMKN 3 Mataram,Word Environment Day 2024,visi NTB,maju melaju

Ikut serta Word Environment Day 2024, SMKN 3 Mataram dukung Visi NTB Maju Melaju

Para siswa SMKN 3 Mataram, Nusa Tenggara Barat, melakukan praktik konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. (ANTARA/HO-PLN) (1)

Mataram (ANTARA) - SMK Negeri 3 Mataram berkomitmen penuh dalam mendukung program NTB Green and Smart Productivity dengan ditunjukkan dengan turut serta  berpartisipasi aktif dalam kegiatan World Environment Day 2024. 

Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris dalam keterangannya di Mataram, Selasa, mengatakan, salah satu inisiasi telah berhasil dilaksanakan yaitu konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik beserta diterbitkannya Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sepeda motor listrik ini dilengkapi dengan plat nomor berwarna biru sesuai dengan regulasi kendaraan listrik yang berlaku di Indonesia.

"Saat ini, SMKN 3 Mataram telah memiliki bengkel konversi grade B yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan Jakarta," katanya.

Dengan sertifikasi ini, lanjut dia, SMKN 3 Mataram semakin mantap dalam mendukung program NTB Maju Melaju yang mengedepankan inovasi teknologi dan keberlanjutan berbasis lingkungan.

Sulman menyampaikan komitmennya dalam mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan visi NTB Maju Melaju.

"Kami bangga bisa berkontribusi dalam program NTB Green and Smart Productivity. Konversi sepeda motor BBM ke listrik ini adalah langkah nyata kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan mewujudkan visi NTB Maju Melaju", ungkap Sulman.

"Di bulan ini, kami memiliki 2 sekolah imbas yaitu SMKN 1 Jonggat-NTB dan SMK Swasta ST. Aloisius-NTT. Kami mendorong 2 sekolah imbas ini menuju bengkel bersertifikat B," katanya menambahkan.

Menurutnya, program ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Nusa Tenggara Barat dan Indonesia pada umumnya, dalam mengimplementasikan teknologi ramah lingkungan dan mendukung inisiatif pemerintah demi pengurangan emisi karbon.  

Dengan langkah-langkah konkret ini, kata dia, SMKN 3 Mataram menunjukkan bahwa institusi pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. 

Kampanye sepeda motor listrik yang digiatkan oleh sekolah ini juga diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan energi terbarukan dan teknologi yang lebih bersih.