AMNT Raih Penghargaan Terbaik Asean

id Amnt sumbawa barat

Tambang tembaga dan emas PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat

.....keberhasilan yang diperoleh AMNT ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama karyawan, pemerintah daerah, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya.
Mataram,  (Antara) - Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) meraih predikat terbaik kategori “Praktik Terbaik dalam Distribusi Mineral” (The Best Practices in Mineral Distribution) dalam ajang penghargaan tambang bergengsi tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN dalam rangkaian ASEAN Senior Officials Meeting on Minerals di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 30 November 2017.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memilih AMNT untuk mewakili Indonesia di AMA dan atas peran aktif Pemerintah yang secara terus-menerus bekerja sama dengan kami dalam melaksanakan operasi sesuai standar-standar lingkungan, keselamatan kerja, serta keselamatan operasi di Batu Hijau sehingga kami dapat menjadi perusahaan kebanggaan nasional,” kata Presiden Direktur AMNT Rachmat Makkasau.

Rachmat menambahkan bahwa keberhasilan yang diperoleh AMNT ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama   karyawan, pemerintah daerah, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya.

AMNT yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh pemegang saham Indonesia mendapatkan penilaian tertinggi untuk distribusi ekonomi yang dihasilkan dari pelaksanaan operasi Batu Hijau yang aman, efektif dan efisien sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi seluruh pemangku kepentingan, melalui penerimaan  fiskal, pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas (capacity building) dan program-program sosial budaya bagi masyarakat.

Sejak beroperasi pada tahun 2000 hingga 2016, Batu Hijau telah berkontribusi sebesar 25-37% pada pendapatan kotor (gross) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) serta 75-99%  PDRB Kabupaten Sumbawa Barat.

Selain menjadi distributor konsentrat tembaga di Asia dan global terbaik, dalam hal distribusi informasi AMNT merupakan perusahaan tambang nasional pertama yang transparan dan berani melalui program “Batu Hijau Bootcamp” dan penggunaan sosial media, seperti Facebook (200 ribuan follower), twitter (13 ribuan follower) dan instagram (lebih dari 4.500 follower) sebagai sarana distribusi informasi. Atas inisiatif komunikasi yang pertama dan transparan tersebut, AMNT mendapatkan penghargaan “Golden World Award” dari International Public Relations Associations kategori Reputation &Brand Management Online.

SEAN Mining Award merupakan kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Asean Senior Officials Meeting on Minerals yang diikuti oleh beberapa perusahaan tambang lainnya di Indonesia dan wilayah ASEAN.

 
        Latarbelakang informasi
Pemegang saham PT Amman Mineral Nusa Tenggara adalah PT Amman Mineral Internasional (82,2%) dan PT Pukuafu Indah (17,8%).  PT Amman Mineral Internasional adalah perusahaan Indonesia yang pemegang sahamnya terdiri dari PT AP Investment (50%) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (50%).

ASEAN Mineral Awards merupakan penghargaan dua tahunan yang diselenggarakan untuk menghormati perusahaan tambang ASEAN yang memiliki kontribusi menonjol dalam mendorong pembangunan mineral yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan di kawasan ASEAN.
Penghargaan ini mengakui kontribusi yang melibatkan dampak nyata pada pengembangan masyarakat, dampak terhadap pasokan mineral ASEAN, pengembangan SDM, produktivitas dan efisiensi sumber daya,  serta upaya nyata untuk mewujudkan kinerja kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.

Penghargaan untuk ajang  ini meliputi 3 kategori yakni  Best Practices in Minerals Mining (including quarrying), Best Practices in Minerals Processing (including smelting) and Best Practices in Minerals Distribution (including transportation, handling and storage).(*)
Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar