PLN NTB Raih Padmamitra Award

id PLN NTB

PLN NTB Raih Padmamitra Award

Asisten III Setda NTB H Imhal (kiri), menyerahkan penghargaan kepada pejabat PLN Wilayah NTB. (Foto Antaranews NTB/ist)

Ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap dunia usaha yang ikut berperan aktif menjalankan program CSR, terutama dalam upaya membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan
Mataram (Antaranews NTB) - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Wilayah Nusa Tenggara Barat menerima penghargaan Padmamitra Award untuk kategori perusahaan BUMN jasa yang menyelenggarakan tanggung jawab sosial di bidang kesejahteraan sosial.

Penghargaan tingkat provinsi tersebut diserahkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah NTB, H Imhal, mewakili Gubernur NTB H TGH Muhammad Zainul Majdi, di Mataram.

"Ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap dunia usaha yang telah ikut berperan aktif dalam menjalankan program "Corporate Social Responsibility" (CSR) terutama dalam upaya membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan," kata Imhal.

Imhal menilai keberadaan program CSR yang dilaksanakan oleh dunia usaha secara berkelanjutan juga membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan.

Pada 2016, angka kemiskinan di NTB sebesar 16 persen. Angka tersebut menurun menjadi 15 persen, dan pada akhir 2018 ditargetkan telah mencapai 14 persen.

"Saya berharap di bawah koordinasi Forum CSR Kesejahteraan Sosial (Kesos), seluruh dunia usaha dapat terus melaksanakan program CSR yang berkelanjutan dan membantu menurunkan angka kemiskinan," ujarnya Imhal.

Sementara itu, Manajer Bidang Sumber Daya Manusia dan Umum PLN Wilayah NTB, Deddy Hidayat, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi NTB dan Forum CSR Kesos NTB, atas penghargaan yang diberikan.

"Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami. Tentunya penghargaan ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami di PLN untuk melaksanakan kegiatan CSR. Tidak hanya menjadi pengguguran kewajiban saja, namun juga tanggung jawab moril perusahaan kepada masyarakat," ucap Deddy.

Saat ini, kata dia, program berbasis pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu fokus kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh PLN. Pemberdayaan masyarakat dinilai akan membangun kemandirian masyarakat yang dapat membantu peningkatan ekonomi.

Beberapa program yang dilaksanakan oleh PLN adalah pengembangan usaha pemburu madu hutan yang berada di Semongkat, Kabupaten Sumbawa, dan pengembangan produksi kompos dengan kemasan laik jual di Desa Taman Ayu, Lombok Barat. Selain itu, pengembangan Bank Sampah dan Kawasan Wisata Kreatif Sampah Terpadu (Kawis Krisant), yang berada di Lingkungan Banjar, Kota Mataram. (*)