Ganefi mendaftar calon DPD di KPU NTB

id Baiq Ganefi,Calon DPD

Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (tengah) bersama tim pemenangannya. (Foto Antaranews NTB/ist) (1)

Dukungan yang kami bawa melebihi apa yang disyaratkan. Jumlahnya dua kali lipat dari persyaratan
Mataram (Antaranews NTB) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah aktif Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi, SH, mendaftarkan diri menjadi calon senator untuk periode ketiga di Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat, Rabu (25/4).

Wanita kelahiran Mataram, 20 Oktober 1963 itu, datang bersama sejumlah perempuan yang merupakan tim pemenangannya dengan membawa 3.691 lembar fotokopi kartu tanda penduduk sebagai dukungan dan menjadi salah satu persyaratan.

"Dukungan yang kami bawa melebihi apa yang disyaratkan. Jumlahnya dua kali lipat dari persyaratan," kata perempuan yang akrab disapa Ganefi ini.

Anggota DPD RI periode 2009-2014 ini, mengatakan alasan untuk mencalonkan diri kembali sebagai senator karena ingin terus menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi rakyat NTB melalui jalur nonpartai politik.

Menurut Ganefi, banyak hal yang perlu untuk diperjuangkan agar NTB bisa menjadi lebih maju dan rakyatnya sejahtera. Terlebih dengan adanya berbagai investasi yang masuk, baik dari dana asing maupun dalam negeri.

Misalnya, upaya memperjuangkan agar investor tambang di Kabupaten Sumbawa Barat, segera membangun pabrik pengolahan konsentrat hasil tambang (smelter). Hal itu sangat penting dilakukan agar keberadaan tambang memberikan manfaat besar bagi rakyat NTB.

"Kita harus memilkirkan dampak tambang kepada masyarakat, kita memikirkan juga bagaimana nanti setelah kontak karya berakhir dan bagaimana nantinya lubang raksasa bekas galian tambang itu mau difungsikan seperti apa," ucap wanita berjilbab ini.

Anggota Komite II DPD RI yang membidangi perekonomian ini juga menyoroti potensi pertanian jagung di Pulau Sumbawa, terutama Kabupaten Dompu. Produksi jagung di daerah itu sangat banyak dan ada yang diekspor.

Namun yang perlu ditingkatkan adalah nilai tambah dari komoditas tersebut agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Potensi NTB lain yang harus dikawal adalah pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah. Ganefi mengaku terus mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan berbagai infrastruktur yang dijanjikan.

"Pemerintah harus segera merealisasikan pembangunan kawasan itu, mulai dari peningkatan infrastruktur, jaminan keamanan bagi para wisatawan dan bagaimana pemberdayaan masyarakat lingkar KEK Mandalika," ucap Ketua BPP Asosiasi Eksportir Handycraft Indonesia (Asephi) Wilayah NTB ini.

Agar bisa terpilih kembali, Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan ini akan melakukan kunjungan ke kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi sekaligus menyerap aspirasi di tingkat bawah.

"Turun ke masyarakat untuk bersosialisasi terus saya lakukan, hampir selama lima tahun. Setelah pendaftaran ini, saya akan meningkatkan lagi jadwal turun ke lapangan," kata Ganefi yang meraih 187.695 suara pada Pemilu 2009. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar