Dubes AS Apresiasi Komitmen NTB Jalankan MCC

id Program MCC NTB,Dubes AS ,Joseph R Donovan

Dubes AS Apresiasi Komitmen NTB Jalankan MCC

Keakraban Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan saat bertemu Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.

Gubernur NTB telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam upayanya mengintegrasikan program MCC dengan program pembangunan yang sudah ada di daerah ini
Mataram (Antaranews NTB) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terkait berakhirnya program kemitraan dalam meningkatkan efisiensi layananan pengadaan, mendorong terwujudnya kemakmuran hijau serta mempromosikan kesehatan dan gizi melalui program "Millennium Challenge Corporation" (MCC).

"Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi dengan apa yang telah dicapai dan dibangun Pemerintah Provinsi NTB dengan program MCC," kata Duta Besar AS Joseph R Donovan usai bertemu Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi di Mataram, Senin.

Ia mengatakan, selama lima tahun pemerintah Amerika Serikat telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia dan memberikan dana hibah sebesar Rp5,5 triliun untuk mendukung program MCC berjalan dengan baik di Indonesia khususnya NTB. Melalui program itu dapat ditingkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengangkat masyarakat dari kemiskinan.

"Gubernur NTB telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam upayanya mengintegrasikan program MCC dengan program pembangunan yang sudah ada di daerah ini," katanya.

Menurutnya, dengan selesainya progam tersebut, bagaimana ke depan keberhasilan yang sudah tercapai bisa berkelanjutan, sehingga pembelajaran yang bisa diperoleh ketika program ini berjalan adalah hubungan yang sangat kuat antara NTB dan Amerika Serikat.

"Kami nantikan kerja sama lanjutan antara kedua negara dalam program-program kerja lainnya seperti USAID yang sudah kita laksanakan di seluruh Indonesia, salah satunya termasuk di NTB," katanya didampingi wakil presiden dan sekretaris dewan MCC Jeanne Hauch dan wakil presiden untuk urusan kongres dan hubungan masyarakat Karen Sessions.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada pemerintah Amerika Serikat yang telah melaksanakan kerja sama dengan pemerintah Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi NTB.

Menurut Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Gubernur NTB, ada tiga pokok yang dilakukan MCC dengan Pemerintah Provinsi NTB, yakni kerja sama dalam aspek "green prosperity" atau kemakmuran hijau, kerja sama dalam reformasi unit layanan pengadaan, dan kerja sama dalam aspek "stunting".

"Ketiga kerja sama ini berjalan baik di Indonesia, khususnya NTB. Dari kerja sama ini telah meningkatkan satu pondasi yang kuat khususnya bagi mitra-mitra lokal untuk meneruskan program ini secara lebih baik," ujar gubernur.

Salah satu contoh dari keberhasilan program tersebut, kata TGB, adalah pembudidaya garam di Kabupaten Lombok Tengah yang saat ini kondisinya sudah lebih baik dan produknya sudah menembus pasar serta sudah memiliki "branding" produk sendiri.

"Jadi ini adalah salah satu bagian dari apa yang kita lakukan dalam kemitraan ini," kata Gubernur NTB. (*)