STP berikan peluang putra NTB kuliah gratis

id STP Jakarta,Kuliah Gratis

STP berikan peluang putra NTB kuliah gratis

Sekretaris DKP NTB Hj Baiq Rusniyati.

Peluang kuliah gratis tersebut diperuntukkan bagi tamatan SMA/SMK atau sederajat yang ingin serius menjadi tenaga profesional di bidang kelautan dan perikanan
Mataram (Antaranews NTB) - Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memberikan peluang bagi putra/putri Nusa Tenggara Barat yang ingin menjadi tenaga profesional bidang kelautan dan perikanan melalui program Kuliah Diploma IV secara gratis.

"Peluang kuliah gratis tersebut diperuntukkan bagi tamatan SMA/SMK atau sederajat yang ingin serius menjadi tenaga profesional di bidang kelautan dan perikanan," kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB Hj Baiq Rusniyati di Mataram, Selasa.

Pihaknya menginginkan peluang tersebut bisa diisi sebanyak-banyaknya oleh putra daerah karena NTB sangat membutuhkan sumber daya manusia berkualitas untuk mengelola potensi perairan laut yang luasnya mencapai 29.159,04 kilometer per segi dengan panjang pantai 2.333 kilometer per segi.

Perlunya tenaga ahli bidang kelautan dan perikanan di NTB, juga sebagai tanggung jawab terhadap implementasi Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Di mana di dalamnya ada wewenang pengelolaan perairan laut di tingkat pemerintah provinsi mulai dari 0-12 mil. Sebelumnya, kewenangan tersebut melekat di kabupaten/kota.

Rusniyati menambahkan peluang kuliah gratis di STP Jakarta, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh putra/putri NTB karena peluang bekerja di sektor kelautan dan perikanan cukup bagus. Pasalnya, perusahaan dalam dan luar negeri yang sudah mulai berinvestasi di sektor tersebut.

"Tapi yang utama, kami ingin agar lebih banyak lagi generasi NTB yang memiliki keahlian di bidang kelautan dan perikanan untuk berwirausaha," ujarnya.

Ia menyebutkan jurusan yang tersedia di STP Jakarta, yakni teknologi penangkapan ikan, teknologi permesinan perikanan, teknologi pengolahan hasil ikan, teknologi aquakultur, dan teknologi pengelolaan sumberdaya perikanan.

Penerimaan taruna baru tahun akademik 2018/2019 untuk rayon pusat dimulai pada 16 April s/d 19 Juli 2018, sedangkan rayon daerah pada 16 April s/d 25 Juni 2018.

Pendaftaran dilakukan melalui dua jalur, yakni jalur khusus yang dimulai pada 16 April s/d 25 Juni 2018. Ada juga pendaftaran secara "online" melalui http://www.pusdik.kkp.go.id/psb, atau bisa mengunjungi laman http://www.stp.kkp.go.id untuk menggali informasi pendaftaran.

Informasi pendaftaran rayon daerah juga bisa diperoleh dengan cara mendatangi Dinas Kelautan dan Perikanan NTB di Jalan Semanggi Nomor 8 - Mataram, Telp 0370 - 632083/625963.

"NTB juga dipilih sebagai rayon atau lokasi tes peserta seleksi peserta tes masuk STP Jakarta," ucap Rusniyati yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penerimaan Taruna Baru (Pentaru) STP Jakarta, Rayon Mataram.

Ia mengatakan persyaratan pendaftaran untuk jalur umum adalah putra/putri warga negara Indonesia, memiliki ijazah SLTA atau sederajat dengan kualifikasi jurusan, usia tidak lebih dari 22 tahun pada 1 September 2018, belum pernah menikah, sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan tidak dalam keadaan hamil.

Syarat lainnya adalah berbadan sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak memiliki tato, tidak buta warna, tidak juling dan tidak bertindik (khusus putra), surat keterangan berkelakuan baik dari kepala sekolah bagi lulusan 2018, atau SKCK dari kepolisian bagi lulusan tahun sebelumnya.

Untuk syarat pendaftaran jalur khusus, lanjut Rusniyati, yakni memenuhi persyaratan jalur umum dan anak pelaku utama yang dibuktikan dengan dokumen relevan, yaitu surat keterangan dari kepala desa/kelurahan.

"Bisa juga surat keterangan dari pimpinan instansi pemerintah daerah yang membidangi kelautan dan perikanan, kartu keluarga, kartu nelayan/kartu anggota kelompok (kartu pembudidaya)," katanya. (*)