Kekuatan atlet tarung derajat merata di PON Aceh Sumut

id Tarung Derajat,PON Aceh-Sumut

Kekuatan atlet tarung derajat merata di PON Aceh Sumut

Babak penyisihan pertandingan nomor tarung bebas tarung derajat PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Kota Banda Aceh, Selasa (17/9/2024).ANTARA/Mario Sofia Nasution

Banda Aceh (ANTARA) - Sang Guru Muda, Guru Badai menilai kekuatan atlet tarung derajat yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 cukup merata dan sulit untuk memprediksi siapa yang akan keluar menjadi yang terbaik.

"Sekarang banyak atlet baru yang bermunculan dan teknik bertanding mereka juga sudah bagus semua," kata Guru Sang Badai di Banda Aceh, Selasa.

Putra dari penemu olahraga bela diri tarung derajat Achmad Drajat atau AA Boxer ini mengatakan atlet yang bertanding di kelas tarung bebas dengan komposisi tendangan dan pukulan sudah sama

"Ada keseimbangan, tidak hanya fokus pukulan saja atau fokus ke tendangan saja," kata pria yang akrab dipanggil Kang Badai.

Ia mengatakan hingga partai final laga tarung ini akan berlangsung ketat. Ia menambahkan memang ada tuan rumah Aceh yang dominan dengan jumlah atlet yang berlaga di PON Aceh Sumut ini

Kemudian ada Jawa Barat yang berhasrat ingin menjadi juara umum kembali setelah sejak lama tak jadi juara.

Baca juga: Hasil Porprov NTB 2023: tarung Derajat Lombok Tengah sumbang 4 emas
Baca juga: PB Kodrat targetkan tarung derajat dipertandingkan di SEA Games mendatang


"Seluruh daerah merata kekuatan di pertandingan dan sejumlah kelebihan itu tidak menjadi jaminan mereka meraih medali emas dengan mudah," kata dia.

Selain itu di nomor seni gerak, atlet yang berlaga juga memiliki kekuatan yang merata sehingga persaingan antara daerah menjadi ketat.

"Kita tunggu saja sampai pertandingan final nantinya siapa yang keluar jadi juara," kata dia.