Bali borong tiga medali emas dari tarung bebas putra

id PON Aceh-Sumut,Tarung derajat,PON 2024,Medali PON 2024

Bali borong tiga medali emas dari tarung bebas putra

Pertandingan final cabang tarung bebas cabang tarung derajat PON XXI Aceh Sumut.ANTARA/Mario Sofia Nasution

Banda Aceh (ANTARA) - Bali memborong tiga medali emas dari  tarung bebas putra pada cabang olahraga tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumut 2024 di Bale Meuseuraya Aceh Kota Banda Aceh pada Kamis.

Partai final dalam  sembilan nomor tarung bebas itu memperebutkan 9 medali emas . Medali emas terbanyak dari nomor tarung bebas putra ini dikumpulkan oleh Bali dengan tiga medali emas. Ketiga emas itu berasal dari I Made Revalingga yang mengalahkan Jefri Andrianus dari Kalimantan Timur dalam final tarung bebas 52,1-55kg putra.

Kemudian I Gusti Ngurah Bagus setelah menaklukkan Munawir dari Nusa Tenggara Barat dalam  61,1-64kg putra. Terakhir, Bali mendapatkan emas tarung berat 75,1-80kg setelah mengalahkan atlet Jawa Barat Yunus Isai dalam final nomor ini. Jawa Timur mendapatkan  dua medali emas, sedangkan Jawa Barat, Banten, DKI dan NTB masing-masing satu medali emas.

Jawa Timur mendapatkan emas setelah Satriawan Drajat mengalahkan Diar Muhammad dari Jawa Barat dalam kelas 49,1-52kg putra. Pada nomor 55,1-58kg putra, Aryo Pandu mempersembahkan emas kedua dari tarung bebas untuk Jawa Timur setelah  mengalahkan Lukman Hakim dari Kepulauan Riau.

Baca juga: Tarung derajat rampungkan final nomor tarung bebas putri di PON XXI
Baca juga: Menerbangkan tarung derajat menjadi bela diri internasional


Jawa Barat mendapatkan satu medali emas setelah Andhika Dwiki mengalahkan Gede Dicky dari Bali dalam 58,1-61kg putra. Atlet Banten M Cahsanul Bayan juga memperoleh emas usai mengalahkan Muhammad Ridwan dari Jawa Barat dalam nomor 64,1-67kg putra.

Kemudian satu-satunya wakil DKI Jakarta, Fariduddin Ishafahani, unggul tipis dari atlet Kalimantan Timur Nikolaus Toni untuk mendapatkan emas dari nomor 67,1-70kg putra. Pada pertandingan nomor 70,1-75kg putra, atlet NTB Dedi Iswari dikalungi emas setelah mengalahkan atlet DI Yogyakarta Wilibrodus.