Kemenpora gelontorkan Rp290 miliar untuk Peparnas XVII 2024

id Peparnas 2024,Menpora,Dito ariotedjo

Kemenpora gelontorkan Rp290 miliar untuk Peparnas XVII 2024

Penandatanganan kerja sama antara Kemenpora dengan PB Peparnas dalam rangka penyelenggaraan Peparnas XVII Jawa Tengah 2024, di kantor Kemenpora Jakarta, Jumat (27/9/2024). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelontorkan dana sebesar Rp290 miliar untuk penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Jawa Tengah 2024, yang disahkan lewat penandatangan kerja sama antara Kemenpora dengan PB Peparnas di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat.

"Angka nominal di Rp290 miliar yang akan dikelola di kepanitiaan PB Peparnas yang diketuai Pak DB Susanto," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo kepada media.

Menpora Dito menyebut anggaran tersebut digunakan untuk menunjang kegiatan penyelenggaraan Peparnas 2024. Dito mengatakan Kota Surakarta yang baru saja menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022, sudah memiliki seluruh arena pertandingan dengan akses disabilitas sehingga tidak perlu membangun berbagai arena baru.

"Peparnas dipilih pindah ke Surakarta karena sudah ada kepastian venue olahraga 100 persen sudah siap, dari bekas penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 dan akomodasi perhotelan yang sudah dipersiapkan dari sejak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022," kata Dito.

Baca juga: Menpora Dito minta terus dilapori tentang kesiapan PON 2024

Ketua PB Peparnas 2024 DB Susanto menyebut pihaknya akan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat dengan sebaik-baiknya dengan melakukan berbagai persiapan sebelum-sebelumnya.

"Anggaran ini akan kami pergunakan untuk mendukung kegiatan Peparanas. Insya Allah minggu depan sudah dibuka. Sebelum turunnya anggaran, kami juga sudah lakukan persiapan venue, sudah siap, sudah lakukan monitoring evaluasi," kata Susanto.

Penandatanganan kerja sama tersebut juga melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan sebagai bentuk pengawasan penggunaan anggaran.

Dito menyebutkan bahwa penyelenggaraan Peparnas juga dilakukan pengawasan oleh Satgas Tata Kelola, sebagaimana tim khusus tersebut melakukan evaluasi dari penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Peparnas XVII 2024 akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2024 mempertandingkan 20 cabang olahraga. Kota Solo bersama dengan Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar akan kedatangan 4.625 atlet dan ofisial serta ribuan pendukung dari 34 provinsi.

Adapun prosesi upacara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2024 di Stadion Manahan, Solo. Sedangkan upacara penutupannya akan terselenggara pada 13 Oktober 2024 di lokasi yang sama.

20 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah para bulu tangkis, para catur, para renang, voli duduk, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, tenpin bowling, sepak bola CP, goalball, tenis kursi roda, basket kursi roda dan para e-sport.