NTB kirim lagi 150 mahasiswa ke Polandia

id Mahasiswa Polandia

NTB kirim lagi 150 mahasiswa ke Polandia

Guru Besar Warsaw University Of Technology, Polandia, Profesor Thomasz, saat berbincang dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di Kantor Gubernur NTB, Selasa (30/10). (Foto Humas Pemprov NTB/Ist). (1) (1/)

Mataram (Antaranews NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali akan mengirim mahasiswa penerima beasiswa pascasarjana ke Polandia.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Mataram, Jumat mengatakan, Dubes Polandia untuk Indonesia Beata Stockzynska sangat menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi NTB untuk mengirim mahasiswa ke sejumlah universitas di Polandia melalui skema beasiswa.

Kesepakatan itu terjalin setelah Gubernur NTB Zulkieflimansyah bertemu Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stockzynska dan perwakilan 3 perguruan tinggi terkemuka di Polandia, Vistula University, University of Warsaw dan University of Opolski di Mataram, Kamis (15/11).?

"Kami menjadikan NTB sebagai daerah prioritas penerima ?beasiswa. Universitas terbaik kami di Polandia, siap menerima ?siswa asal NTB. Berbagai program jurusan dapat dipilih, seperti ilmu budaya, ekonomi, keuangan, ilmu teknik informatika, teknik mesin dan kelautan," kata Beata Stockzynska.

Di hadapan sejumlah rektor universitas dan sekolah tinggi di NTB yang saat itu hadir mendampingi Gubernur, Dubes meyakinkan bahwa, Polandia adalah negara yang aman dan nyaman sebagai tujuan belajar.

Di samping, warga negaranya juga ramah dan penuh toleransi atas perbedaan suku bangsa dan agama, hingga saat ini, berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Thailand juga mempercayakan siswanya untuk menempuh pendidikan tinggi di sana.?

Sementara Gubernur NTB Zulkieflimansyah meyakinkan kepada Dubes Beata, bahwa anak-anak muda NTB yang dikirimkan bukanlah murid biasa melainkan murid spesial dan unggulan. Bahkan, putra-putri NTB mampu dan pasti akan jadi pemimpin Indonesia di masa depan.

Terkait pemilihan Polandia sebagai tujuan kuliah di awal-awal program beasiswa luar negeri, Gubernur menjelaskan Polandia memiliki program kuliah gratis untuk tingkat S2, di samping bahwa biaya hidup di Polandia yang terbilang cukup terjangkau.?

"Polandia juga terletak di jantung Eropa, maka bersekolah di sana, akan memperluas cakrawala terhadap beberapa negara besar di Eropa sekaligus," kata Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Ia berharap, sesegera mungkin bisa disusun draf kerja sama antara universitas kita di NTB dengan kampus di Polandia, sehingga target untuk mengirim sebanyak mungkin siswa, guru maupun dosen ke luar negeri, melalui program S2 maupun doktor, bisa segera tercapai

Kesepakatan pengiriman 150 mahasiswa untuk mengambil program Master Degree di Vistula University. Program Master yang disediakan adalah 50 orang untuk Computer Engineering, 40 orang untuk Finance and Accounting, 30 orang untuk Energy Management dan 30 orang untuk Tourism.

Proses seleksi akan dilakukan pada awal Desember 2018, sementara pengiriman para mahasiswa akan dilakukan pada Februari 2019.