NTB TUAN RUMAH JAMBORE NASIONAL PSN

id

          Mataram, 17/7 (ANTARA) - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Nasional Pendidikan Seni Nusantara (PSN) yang digelar di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, dan dirangkai dengan Bulan Citra Budaya (BCB) XVI tahun 2009.

         Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) NTB, Lalu Gita Aryadi, di Mataram, Jumat, mengatakan, Jambore Nasional PSN yang diikuti 12 provinsi ini digelar atas kerjasama Dinas Budpar dan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) yang pembukaannya bersamaan dengan BCB.

         "Jambore Nasional PSN diikuti 235 orang peserta dari 12 provinsi di Indonesia yang dijadwalkan dibuka Menteri Budpar, Jero Wacik bersamaan dengan pembukaan BCB XVI tahun 2009 yang dipusatkan di lapangan Muhajirin, Praya, Lombok Tengah, Jumat (17/7)," katanya.

         Ia mengatakan, Jambore Pelajar tingkat Nasional itu diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain pawai budaya yang dilaksanakan bersamaan dengan pawai budaya BCB yang diikuti 12 provinsi dan pelajar yang menjadi peserta menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.

         Selain itu juga digelar pameran karya seni dari siswa-siswa sekolah yang mengikuti program LPSN dan karya seni yang ditampilkan berupa topeng, alat musik dawai, tekstil, miniatur rumah dan kaligrafi yang dilaksanakan di kompleks museum dan Asrama Haji di Praya, Lombok Tengah.

         Jambore Nasional tersebut juga diisi dengan pertunjukan seni siswa yang menampilkan kreativitas para siswa dari 12 wilayah dalam mengemas seni yang kental dengan unsur-unsur budaya dan akan digelar di Taman Budaya Mataram serta di Praya, Lombok Tengah.

         Selama kegiatan Jambore Nasional PSN dilaksanakan pula pemutaran film pendek mengangkat tema seputar identitas, realitas, keragaman dan penghargaan terhadap kemanusiaan yang akan dilanjutkan dengan sesi diskusi pada 18 Juli 2009 di Taman Budaya Mataram.

         Gita mengatakan, Jambore Nasional PSN juga diisi dengan workshop siswa dan guru menggunakan metode praktis-partisipatif dengan teknik belajar sambil berbuat yang dilaksanakan 18-21  Juli 2009 di Taman Budaya Mataram.

        Kegiatan tersebut mengusung tema jurnalisme kesenian dan kritik seni dengan menampilkan Sugi Lanus asal Bali dan Hilada Lionata (Bandung).

         Debat siswa juga akan mewarnai Jambore Basional PSN. Kegiatan ini dijadikan ajang pertukaran ide, pemikiran dan pengalaman dari para siswa tentang berbagai hal yang menyangkut kebudayaan dengan mengangkat tema Menyikapi Budaya Barat Dalam Kehidupan Sehari-hari.

         Tema menarik lainnya yang akan diangkat dalam debat siswa tersebut adalah Kontroversi Seputar Pengklaiman Reog dan Lagu Rasa Sayange oleh Malaysia serta Islam dan Kesenian yang akan dilaksanakan di Taman Budaya Mataram.

         Jambore PSN juga akan diisi dengan pertunjukan khusus, yakni monolog dari sutradara Putu Wijaya sekaligus pimpinan Teater  Mandiri dan menampilkan kesenian tradisi semacam musik cilokak, rudat, gendang beleq dan pertunjukan wayang kulit yang akan dilaksanakan di Taman Budaya Mataram.

         Kegiatan lainnya adalah orasi kebudayaan bertajuk Menemukan Kembali Keindosiaan Kita dengan menampilkan Gunawan Muhammad (Budayawan dan Jurnalis Senior) yang akan dilaksanakan di gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB serta acara perjalanan budaya.(*)