Gubernur NTB kampanyekan gerakan bebas sampah

id Gerakan bebas sampah

Gubernur NTB kampanyekan gerakan bebas sampah

Pemerintah Kota Mataram memberlakukan program tiga bulan bersih sampah. Nampak petugas kebersihan mengangkut sampah dengan kendaraan roda tiga (ist) (ist/)

Sumbawa (Antaranews NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah ikut aksi gotong royong serentak 60 menit dalam rangka mengkampanyekan gerakan bebas sampah atau "zero waste" di Sungai?Brangbiji-Lempeh-Samakota Kabupaten Sumbawa, Minggu.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa H Muhammad Husni Jibril yang sejalan dan bersama-sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mengkampayekan "zero waste".

"Sungai bukanlah tempat sampah. Sungai nantinya tidaklah seharusnya menjadi bencana, namun menjadi berkah. Pemprov NTB sedang mengkampanyekan zero waste. Pengurangan sampah. Mudah-mudahan sungai di Sumbawa ini bisa jadi tempat wisata yang indah," ujarnya.

Gubernur juga mengajak Bupati Sumbawa untuk menata kembali wilayah hijau dan pepohonan di beberapa titik di wilayah itu.

"Sebaiknya pohon kecil-kecil diganti semua, kita bisa bekerja sama bergotong royong dengan berbagai pihak. Kita bisa minta tiap 100 meter dikerjakan oleh stakeholder mitra pemerintah sebagaimana pihak perbankan yang saling bergilir, sehingga bisa selesai semua. Jika taman indah, jalan indah, maka semua orang akan senang selfie bertamasya di sini," kata Gubernur.

Senada dengan Gubernur, Bupati Sumbawa H Muhammad Husni Jibril juga mengutarakan niat yang sama untuk terus mengkampayekan zero waste.

"Di jalan-jalan masih kita temui sampah, sebagai masyarakat mari kita bangun kesadaran. Insha Allah Sumbawa akan menjadi kota yang bersih, dengan langkah pertama yang kita lakukan bersama hari ini dan berkesinambungan ke depannya," katanya.

Ia berjanji akan melakukan penataan ulang dari hulu sampai ke pantai sehingga sungai bisa bersih dan indah. "Jadi mari wujudkan kebersamaan kita," tegas Husni.

Kepala Balai Wilayah Sungai NTB Asdin Zulaidy yang turut mendampingi gubernur pada kesempatan inipun menyampaikan hal senada.

"Besok akan kami perbaiki sungainya dan Insha Allah sepanjang jalur yang kita lalui. Kami akan coba memperbaiki, membersihkan. Untuk itu, Saya minta untuk sama-sama kita jaga, kita rawat," katanya.

Ia bahkan mempunyai keinginan membangun jongging track sepanjang sungai dari hulu sampai hilir.