Program Desa Mitra dikembangkan Indofood demi kemandirian masyarakat

id Mitra Desa,PT Indofood

Program Desa Mitra dikembangkan Indofood demi kemandirian masyarakat

Ilustrasi - Wakil Kepala Divisi Corporate Communications Indofood Stefanus Indrayana (kedua kiri) menyerahkan simbolis bantuan dana riset kepada mahasiswa di Salib Putih, Salatiga, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc/16).

Mataram (ANTARA) - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) menyebutkan Program Desa Mitra yang dikembangkan saat ini oleh pihaknya bertujuan mendorong kemandirian masyarakat.

"Sehingga masyarakat ke depan dapat memberdayakan diri sendiri dan lingkungannya untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan," kata Wakil Kepala Divisi Corporate Communications Indofood Stefanus Indrayana dalam keterangan yang diterima di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa program Desa Mitra Indofood yang berlangsung sejak 2011 merupakan sinergi perusahaan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Titik beratnya, kata dia, pada pengembangan kapasitas melalui berbagai pelatihan kepada masyarakat.

"Di awal program, kami fokus di bidang ekonomi dengan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Pada perkembangannya, program ini juga menyentuh bidang kesehatan melalui pemberdayaan posyandu dan pendidikan anak usia dini (PAUD)," katanya.

Dia mengatakan sejak 2018, Indofood bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) melakukan studi dan evaluasi Program Desa Mitra Indofood yang telah berjalan selama tujuh tahun.

Ada dua rekomendasi yang dihasilkan, yakni pendirian koperasi dan penetapan rencana strategis untuk lima tahun ke depan.

Terkait dengan koperasi, melalui program Mitra Desa, baru saja diresmikan Koperasi Selera (Sejahtera Lestari Raharja) untuk menaungi kegiatan usaha masyarakat yang berada di RW08 Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Keberadaan koperasi dinilai penting guna pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan.

Stefanus Indrayana berharap, dengan adanya Koperasi Selera yang dikelola Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Delima VII, Desa Mitra Indofood menjadi semakin mandiri, maju, terus mendorong hadirnya para pelaku usaha baru dan akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat Ciketing Udik maupun masyarakat sekitarnya.

Program Desa Mitra di Ciketing Udik adalah perwujudan tiga pilar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Indofood, yaitu pembangunan sumber daya manusia, gizi untuk semua, dan peningkatan nilai ekonomi.

Penggerak Posdaya Delima VII RW 08 dan Ketua Koperasi Selera, Ane Puji Astuti, menjelaskan program Desa Mitra Indofood yang telah dirintis sejak 2011 itu memberikan banyak manfaat bagi warga di RW08, warga Kelurahan Ciketing Udik, dan sekitarnya.

Koperasi Selera menjadi awal bagi mereka untuk mandiri secara ekonomi dan diharapkan mampu membuka peluang seluas-luasnya bagi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) warga maupun unit usaha yang berada dalam Posdaya Delima VII, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Direktur Ekesekutif PIRAC Nor Hiqmah dalam laman LSM itu, menyatakan program peningkatan kapasitas masyarakat dalam penguatan ekonomi lokal itu merupakan sinergi antara pihak swasta, LSM, dan pemerintah setempat.

Kemitraan antarsektor itu, diharapkan meningkatkan kapasitas manajemen organisasi Koperasi Selera untuk mengoptimalkan kinerjanya agar lebih berdaya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar.