Halep boikot Fed Cup jika sistem "home-away" diubah

id Petenis Rumania Simona Halep

Halep boikot Fed Cup jika sistem "home-away" diubah

Petenis Rumania Simona Halep (Reuters)

Mataram (ANTARA) - Mantan petenis nomor satu dunia dari Rumania Simona Halep mengaku tetap cinta pada format Fed Cup saat ini, dan kemungkinan akan memboikot turnamen tenis beregu putri dunia itu jika sistem home-away diubah.

Federasi Tenis Internasional (ITF) berencana membuat keputusan besar akhir pekan ini mengenai kemungkinan mengubah sistem pertandingan Fed Cup menjadi sebuah turnamen tunggal yang diadakan di satu kota.

Jika perubahan itu berlaku, maka kesempatan Halep untuk bermain di depan publiknya sendiri semakin tipis.

"Saya cinta Fed Cup, dan saya tidak pernah ingin menggantinya," kata Halep kepada wartawan saat mengikuti kejuaraan tenis Eastbourne, Senin waktu setempat, sebagai pemanasan menuju Wimbledon.

"Jika Fed Cup diganti, saya tidak ingin main lagi (di turnamen itu). Saya suka dengan format yang sekarang, jadi jika itu diubah maka akan berat, karena Fed Cup adalah wahana untuk bermain di kandang sendiri dan kandang lawan," kata Halep seperti dikutip Reuters.

Halep, 27 tahun, telah tampil 19 kali untuk Rumania di Fed Cup dan sempat mengantar tim negaranya hingga semifinal tahun ini.

Baca juga: Tim Fed Indonesia takluk dari Korea Selatan dan Baca juga: Simona Halep umumkan kembali dilatih Daniel Dobre