Ustadz Abdul Somad mengajak umat menunaikan zakat

id UAS ajak berzakat

Ustadz Abdul Somad mengajak umat menunaikan zakat

UAS saat mengisi ceramah Tabligh Akbar di Masjid Agung Ar-Raihan Koba, Bangka Tengah, Babel, Selasa malam (3/9). ANTARA/Ahmadi

Koba, Babel, (ANTARA) - Ustadz Abdul Somad dalam ceramah Tabligh Akbar di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, Selasa (3/9) malam, mengajak umat menunaikan zakat untuk pembersih harta dan penghasilan.

"Mari tunaikan zakat harta kita kalau sudah sampai nisabnya, jangan lalai apalagi ingkar," kata UAS dalam ceramahnya yang dihadiri puluhan ribu jamaah di Masjid Agung Ar-Raihan Koba.

Dalam kesempatan itu, UAS juga menjelaskan manfaat dan peringatan dari Allah SWT bagi mereka yang tidak menunaikan zakat hartanya.

"Jika kita lalai atau dengan sengaja tidak mengeluarkan zakat yang sudah sampai batas nisabnya, maka Allah SWT akan mengeluarkan dengan caraNYA sendiri," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, mengajak umat untuk berzakat tidak bisa hanya ajakan melalui ceramah agama saja, tetapi pemerintah daerah dengan kekuatan kekuasaannya bisa mendorong orang untuk berzakat.

"Tidak cukup hanya menyerukan melalui ceramah agama, tetapi pemerintah juga harus mendukung dengan kekuasaannya di antaranya adalah dengan mengeluarkan Perda Zakat," ujarnya.

Dalam ceramah agama berdurasi 60 menit itu, UAS lebih menekankan ajakan menunaikan zakat, meningkatkan ibadah, tauhid dan akhlak yang baik.

"Kemudian yang paling penting adalah umat harus berpegang teguh kepada akidah ahlussunah wal jamaah," ujarnya.