STUDI: YAHOO TERUS MEROSOT, BING MANANJAK

id



Amerika Serikat (ANTARA) - Warga Amerika Serikat terus beralih dari mesin pencari Yahoo ke Microsoft, kecenderungan itu dimulai sejak pertengahan tahun 2009 setelah Microsoft memperkenalkan mesin pencari baru, Bing, dan dua perusahaan itu menandatangani kesepakatan mengenai mesin pencari.

Pendapatan Yahoo di AS menurun pada bulan Januari, sebelumnya 17,3 persen pada Desember, sedangkan pendapatan Microsoft meningkat dari 10,7 persen ke 11,3 persen,kata ComScore pada hari Kamis.

Pada bulan April, menjelang peluncuran Bing dan penandatanganan kesepakatan tersebut, Yahoo memiliki 20,4 persen pendapatan sedangkan Microsoft masih berada di 8,2 persen.

Google masih menjadi pemain dominan dengan 65,4 persen pada Januari, turun sebesar 0,3 persen dari Desember tetapi meningkat dari sisi pendapatan sebesar 64,2 persen pada bulan April.

Keterpurukan mesin pencari Yahoo adalah kabar buruk untuk pendapatan iklan perusahaan itu dan kesepakatan dengan Microsoft tak kunjung terwujud karena belum ada izin dari pemerintah.

Petinggi-petinggi Yahoo telah mengatakan berulang kali bahwa pendapatan iklan dari mesin pencari masih merupakan hal penting buat perusahaan. Yahoo berniat mengalihkan fungsi-fungsi pendukung pencariannya ke Microsoft dan akan melanjutkan inovasi pada laman pencarian di fitur depan tampilannya.

Ketika mereka mengumumkan kesepakatan pada Juli 2009, kedua pihak menekankan tentang perlunya menggabungkan sisi teknologi maupun penjualan dalam rangka menghadirkan mesin pencari yang lebih ampuh dibandingkan Google bagi para pengguna akhir maupun pengiklan .

Namun, yang terjadi sementara ini ternyata mesin pencari Bing merusak popularitas pencarian Yahoo sedangkan Google terus menanjak naik dengan perolehannya.

Kesepakatan 10 tahun mewajibkan Microsoft menguatkan properti-properti mesin pencarian Yahoo dan bertanggung jawab atas penjualan iklan di mesin pencari. Sebagai imbalannya, Microsoft akan mendapatkan bagian dari hasil iklan di situs-situs pencarian Yahoo maupun dari jaringan para mitra Yahoo.

Pada Juli tahun lalu, Yahoo memperkirakan bahwa saat kesepakatan penuh itu diterapkan maka pedapatan operasional tahunannya naik 500 juta dolar, menghasilkan tabungan pengeluaran modal sebesar 200 juta dolar dan menambah "cash flow" operasional tahunan sebesar 275 juta dolar.

Hal akan menarik diamati jika perkiraan itu harus disesuaikan menjadi lebih rendah jika kesepakatan tersebut diterapkan karena pendapatan dari mesin pencarian Yahoo berlanjut turun.(*)