Mataram (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mendoakan agar Presiden Joko Widodo berhasil mengemban tugas di luar negeri, termasuk dalam pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden berhasil mengemban tugasnya dengan selamat sampai nanti kembali ke Tanah Air," kata Wapres Ma'ruf Amin di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis. Wapres Ma'ruf menyampaikan hal tersebut saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

"Presiden kita sekarang sedang melawat untuk melakukan misi perdamaian, selain menghadiri G7 di Jerman, kemudian ke Ukraina melalui Polandia untuk berunding dengan Presiden Ukraina," kata Wapres.

Setelah itu, ke Rusia untuk mengupayakan adanya perdamaian karena perang mengakibatkan berbagai goncangan, berbagai krisis, termasuk krisis energi, krisis pangan, bahkan juga krisis keuangan.

Baca juga: Wapres harap pemuda ikut aktif sukseskan G20
Baca juga: TNI- Polri siap mengawal kedatangan Wakil Presiden di NTB

Presiden Joko Widodo melakukan rangkaian kunjungan luar negeri ke empat negara, yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab mulai Minggu, 26 Juni 2022. Di Jerman, Presiden Jokowi ikut menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada hari Senin (27/6) di Istana Elmau sebagai negara mitra G7. Dari Jerman, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi berangkat ke Polandia untuk menaiki kereta luar biasa (KLB) menuju Kyiv Ukraina.

Presiden Jokowi lalu mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, pada hari Rabu (29/6). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

 

Pewarta : Desca Lidya Natalia
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024