Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Bypass Desa Labulia hingga Bandara Lombok mulai diperbaiki.

"PJU yang mati di Jalan Bypass itu sudah mulai diperbaiki secara bertahap," kata Kepala Dishub Kabupaten Lombok Tengah Lalu Herdan di Lombok Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan lampu PJU tersebut mati karena ada bola lampu yang mati dan ada kerusakan pada jaringan atau kabel.

Namun, pihaknya memastikan PJU tersebut bisa menyala setelah dilakukan perbaikan.

"Diperbaiki secara bertahap," katanya.

Untuk lampu PJU di Jalan Bypass Bandara hingga bundaran Songgong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) belum dilakukan perbaikan, namun telah diusulkan ke pemerintah pusat untuk bisa diperbaiki.

"PJU Jalan Bypass menuju KEK itu masih mati, belum diperbaiki," katanya.

Ia mengatakan PJU itu mati total setelah panel boks hilang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, di mana sebelumnya juga mati setelah kabelnya hilang dicuri dan pemerintah telah melakukan perbaikan, namun begitu menyala ada saja bahan yang hilang.

"Pemerintah sudah melakukan perbaikan sering sekali," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah tersebut untuk kepentingan bersama dan kemajuan Lombok Tengah.

"Kalau tetap dicuri, ini yang membuat kesan tidak baik di pemerintah pusat," katanya.

Peristiwa pencurian kabel PJU di Jalan Bypass tersebut telah dilaporkan kepada aparat, namun tidak semua pelaku bisa ditangkap.

"Kemungkinan PJU menuju KEK Mandalika itu akan diperbaiki menjelang ajang MotoGP 2024," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024