Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapatkan sembilan unit kendaraan roda tiga untuk membantu dan mempercepat layanan pengangkutan sampah rumah tangga.

"Sembilan kendaraan roda tiga itu kami terima langsung dari Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana saat kegiatan Jambore Silaturahim Selaparang," kata Camat Selaparang Mulya Hidayat di Mataram, Sabtu.

Menurut dia, sebanyak sembilan kendaraan roda tiga itu akan dibagi ke sembilan kelurahan se-Kecamatan Selaparang, kemudian peruntukannya ke lingkungan diserahkan pihak kelurahan.

"Pihak kelurahan-lah yang paling tahu kondisi dan kebutuhan roda tiga di lingkungan wilayah mereka," katanya.

Terhadap bantuan sembilan unit kendaraan roda tiga untuk tambahan armada pengangkutan sampah tersebut, pihaknya sangat bersyukur sebab armada roda tiga ada di 61 lingkungan saat ini kondisinya berbeda-berada, ada yang baik, sedang, dan kurang baik.

Apalagi desain dari sembilan roda tiga yang diberikan itu memiliki bak penampungan sampah yang lebih besar dibandingkan dengan kendaraan sebelumnya.

"Untuk kapasitasnya, saya kurang detail tapi yang jelas lebih besar sehingga bisa lebih optimal menampung sampah rumah tangga," katanya.

Menurut dia, dalam pengangkutan sampah rumah tangga oleh petugas di Kecamatan Selaparang terbagi menjadi tiga, selain menggunakan roda tiga, juga ada roda dua jenis gerobak dorong, dan roda satu jenis argo.

Peralatan pengangkut sampah tersebut digunakan sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing, karena ada kawasan padat penduduk yang perlu proses pengangkutan dengan menggunakan roda dua atau satu.

"Sejauh ini, Alhamdulillah sampah di Kecamatan Selaparang tertangani dengan baik," katanya.

Sementara untuk volumenya, kata Mulya, ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sebab sampah yang dibawa roda tiga langsung diangkut petugas DLH menggunakan dump truck pada titik yang telah ditetapkan.

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024