Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran TNI dari Kodim 1620/Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan sosialisasi Keluarga Berencana (KB) untuk meningkatkan kesehatan anggota baik prajurit maupun PNS serta Persatuan Istri Prajurit (Persit)

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenal pentingnya program KB dan kesehatan bagi seluruh keluarga besar TNI," kata Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1620 Lombok Tengah Kapten Inf Ali Murtono di Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam menekan angka kelahiran dan mewujudkan keluarga yang berkualitas, khususnya di lingkungan militer.

"Pentingnya program KB ini sebagai langkah strategis untuk menciptakan keluarga yang sehat yang berkualitas dan sejahtera khususnya di lingkungan militer dan Persit," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 21 Kampung KB di Lombok Tengah terbentuk

"Sebagai prajurit, menjaga kesehatan keluarga merupakan bagian penting dari tugas. Program KB bukan hanya soal menunda kelahiran, tetapi bagaimana merencanakan keluarga yang sehat dan berkualitas," katanya

Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah yang menjelaskan tentang berbagai metode KB, manfaatnya, serta pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.

Selain itu, peserta juga diberikan informasi tentang pentingnya pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan berkala, serta bagaimana mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi di keluarga prajurit.

Baca juga: Lombok Tengah gelar layanan KB gratis untuk pedagang pasar

Selain itu ia juga mengajak para istri prajurit untuk aktif berperan dalam menjaga kesehatan keluarga.

"Sebagai pendamping prajurit, peran Persit amat penting dalam mendukung kesehatan suami dan anak-anak. Mari kita terapkan program KB dan hidup sehat dalam keluarga kita," ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta aktif bertanya mengenai berbagai topik seputar KB dan kesehatan keluarga maupun cara program hidup keluarga berencana.

"Semoga melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya KB dan kesehatan semakin meningkat di kalangan keluarga besar Kodim 1620 Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: BKKBN Lombok Tengah menggelar pelayanan KB gratis
Baca juga: Cakupan pelayanan KB di Loteng melampaui target
Baca juga: Polres Lombok Tengah dorong pasangan usia subur gunakan KB

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024