Mataram (ANTARA) - Sejumlah peristiwa yang terjadi di seputaran Nusa Tenggara Barat pada Minggu (13/10) masih menarik untuk dibaca bagi masyarakat. Mulai dari berita sosial, kondisi daerah di NTB maupun terkait pilkada serentak.

Berikut berita-berita yang menarik yang sudah disiarkan dan dirangkum untuk dapat disimak kembali, yakni :

1. Seorang Kakek ditemukan tewas digigit biawak di Sungai Bebidas Lombok Timur
 

Dua orang pelajar menemukan kakek umur 68 tahun, Warga Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, meninggal dunia digigit  biawak, Minggu.

Mendapati hal itu, pelajar tersebut langsung memberitahukan warga serta melaporkan penemuan tersebut,ke petugas kepolisian. Anggota polisi yang mendapat laporan, bersama  tim inafis Polres Lotim langsung mendatangi TKP bersama dengan tim SAR dan petugas kesehatan untuk melakukan evakuasi  karena ke dalaman sungai sekitar 100 meter.

Informasi yang dihimpun, penemuan mayat korban yang sedang dimakan biawak tersebut, terjadi ketika pelajar itu datang ke TKP untuk menebang pohon bambu untuk dijadikan pagar sekolah, namun mereka mencium bau tak sedap di sekitaran TKP.

Baca beritanya di sini

2. Cagub Iqbal: Kesejahteraan warga di lingkar tambang jadi prioritas di NTB

Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) nomor urut (3) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan pengelolaan sektor tambang menjadi fokus pembangunan yang akan dilaksanakan dan kesejahteraan warga di lingkar tambang tetap menjadi prioritas.

"Masyarakat di lingkar tambang harus merasakan peningkatan kesejahteraan. Itu tujuan utama kami," kata Lalu Muhammad Iqbal saat kampanye di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu.

Ratusan warga Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga, menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Damayanti Putri (Iqbal-Dinda) dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.

"Kami akan terus berdialog dengan pihak tambang emas. Pengembangan tambang harus berdampak positif pada pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Itu yang paling penting," katanya.

Baca beritanya di sini

3. ITDC perkuat pemberdayaan masyarakat di Mandalika-NTB

 PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC kembali mendukung pembangunan masyarakat melalui program Integrated Farming system bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata (P3TA) Universitas Mataram.

Corporate Secretary Group Head ITDC Million Sekarsari di Lombok Tengah, Sabtu, mengatakan program ini hadir sebagai inisiatif untuk memberdayakan petani lokal dengan memberikan pelatihan yang komprehensif.

"Mulai dari pengolahan hasil pertanian hingga pendampingan budidaya tanaman," katanya.

Dalam pelatihan ini, puluhan warga yang merupakan kaum perempuan di Desa Sukadana dilibatkan untuk mempelajari cara mengolah komoditas lokal seperti jamur, cabe, kelor, dan turi menjadi produk bernilai jual tinggi.

Baca beritanya di sini

4. Warga Lombok Utara suguhkan wisata edukasi mengenal 15 varietas anggur

Kawasan Wisata Anggur Tajir di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat menawarkan pengalaman edukasi tentang budidaya dan petik anggur kepada setiap pengunjung.

"Saya punya 15 varietas anggur yang ditanam pada lahan seluas 30 are (3.000 meter persegi)," kata pemilik kawasan Wisata Anggur Tajir bernama Ratnadi saat ditemui di Lombok Utara, Sabtu.

Ratnadi yang akrab dipanggil Ratjung memaparkan sebanyak 15 varietas tanam anggur tersebut, di antaranya anggur julian berwarna merah muda, anggur transfigurasi berwarna kuning kemerahan, anggur dixon berwarna jingga kemerahan.

Baca beritanya di sini
 

Pewarta : Antara NTB
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024