Wali Kota Mataram terima penghargaan pengawasan kearsipan

id penghargaan,arsip,mataram

Wali Kota Mataram terima penghargaan pengawasan kearsipan

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh (bawa penghargaan) menerima penghargaan kearsipan nasional dalam bidang pengawasan kearsipan tahun 2019, diterima langsung dari Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Tjahyo Kumolo pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan Nasional, di Kota Surakarta Jawa Tengah, Rabu (26/2-2020). (ANTARA /HO/Diskominfo Mataram)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menerima penghargaan kearsipan nasional dalam bidang pengawasan kearsipan tahun 2019, dengan kategori memuaskan.

Berdasarkan rilis yang dikirim Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, NTB, menyebutkan, penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Tjahyo Kumolo pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan Nasional, di Kota Surakarta Jawa Tengah, Rabu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M Taufik, Kepala Ombudsmen RI, Walikota/Bupati seluruh Indonesia penerima penghargaan.

Seusai menerima penghargaan, Wali Kota Mataram mengatakan, penghargaan dengan kategori memuaskan ini merupakan capaian prestasi yang harus dipertahankan dan terus ditingkatkan karena bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memelihara seluruh dokumen untuk kearsipan yang penting.

"Untuk itu ke depan kita harus mengamankan seluruh dokumen yang memiliki nilai yang penting dan strategis untuk peningkatan pembangunan di Kota Mataram," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Hj Siti Miftahayatun yang mendampingi wali kota menerima penghargaan mengatakan, Kota Mataram dinilai memiliki komitmen yang kuat walaupun untuk pengelolaan arsip di organisasi perangkat daerah (OPD) masih belum sempurna.

"Tetapi komitmen untuk menyiapkan regulasi sudah lengkap semua. Selanjutnya bagaimana memacu OPD untuk menata arsipnya sesuai dengan regulasi tersebut," katanya.

Sementara Plt Kepala Arsip Nasional RI M. Taufik mengatakan, salah satu upaya untuk keberhasilan Kearsipan Nasional adalah dengan melakukan pengawasan kearsipan.

"Kerena itu, diharapkan dukungan Menpan RB ke depan berupa regulasi, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, sehingga dapat terlaksananya kearsipan yang baik menuju Indonesia maju," katanya.