100 PELAJAR MATARAM IKUT LOMBA "SAFETY RIDING"

id



         Mataram, 17/7 (ANTARA) - Sedikitnya 100 pelajar dan anggota TNI/Polri mengikuti lomba "Safety Riding" yang digelar Ditlantas Polda Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan PT Jasa Raharja Cabang NTB, dalam rangka menekan angka kecelakaan yang cukup tinggi.

        Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Nusa Tenggara Timur (NTB) Kombes Pol Drs Martono ketika membuka lomba "Safety Riding" (aman berkendara) di Mataram, Sabtu, mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin masyarakat terutama para pelajar dalam berlalu lintas di jalan raya.

        Ia mengatakan, kasus kecelakaan lalu lintas di NTB terus meningkat akibat rendahnya kesadaran masyarakat dalam berkendara yang menelan korban cukup banyak baik yang meninggal dunia luka-luka maupun cacat tetap.

        "Secara nasional jumlah korban meninggal dunia mencapai 17.000 hingga 18.000 jiwa setiap tahun, jumlah ini lebih banyak dari korban perang di Timur Tengah, khusus di NTB saya mendapat laporan hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa," ujarnya.

        Menurut data di NTB selama Januari hingga Juni 2010  tercatat sebanyak 287 kasus kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai sebanyak 176 orang, luka berat 202 orang dan luka ringan sebanyak 260 orang.

        Dia mengatakan, selama tahun 2009 jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia mencapai 437 orang dan umumnya dari kalangan usia produktif terutama pelajar.

        Martono mengatakan, sehubungan dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas tersebut, banyak anak yang kehilangan orangtua atau orangtua kehilangan anak, istri menjadi janda karena kehilangan suami dan sebaliknya suami kehilangan istri.

        "Ini berdampak buruk terhadap kehidupan anak, karena dengan meninggalnya orangtua sebagai tulang punggung keluarga akibat kecelakaan lalu lintas di jalan  menyebabkan mereka tidak bisa melanjutkan sekolah," ujarnya.

        Karena itu dalam rangka menekan angka kecelakaan yang cukup tinggi itu Ditlantas Polda NTB bekerjasama dengan PT Jasa Raharja Cabang NTB dan dealer Honda menggelar "Safety Riding" yang dikuti pelajar dari 45 SMA sederajat di Kota Mataram serta sejumlah anggota TNI/Polri.

        "Kami mengharapkan dengan adanya lomba tersebut akan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya dengan harapan ke depan angkat kecelakaan lalu lintas di NTB bisa ditekan serendah mungkin," ujarnya.

        Pada acara yang berlangsung di jalan raya depan kantor Wali Kota Mataram itu dilombakan keterampilan mengendarai sepeda motor, yakni "slalom cars" dan "Nero plang" atau papan keseimbangan memperebutkan sejumlah hadiah menarik.

        Pada lomba Safety Riding tersebut semua peserta dibagikan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk sejumlah peserta dipasangkan langsung oleh Irwasda Polda NTB Kombes Drs Martono, Kaditlantas Kombes Pol Drs Adnas dan kepala PT Jasa Rajarya (Persero)  Cabang NTB I Ketut Sudiasa.(*)