Plt Bupati meresmikan TPS 3R Jenggala Mandiri dan Repeli Apan Baya

id Lombok Utara,TPS 3R,BPPW NTB

Plt Bupati meresmikan TPS 3R Jenggala Mandiri dan Repeli Apan Baya

Plt Bupati Lombok Utara manandatangani prasasti tanda dimulainya operasional TPS 3R, baik yang ada di Desa Jenggala maupun di Desa Gondang, Lombok Utara, NTB. (Foto Humaspro KLU)

Mataram (ANTARA) - Plt Bupati Lombok Utara H Sarifudin meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) Jenggala Mandiri, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, dan TPS 3R Repeli Apan Baya Desa Gondang Gangga, pada Kamis (8/10/2020).

Dihadiri oleh Satker Balai Prasarana Pemukiman Wilayah, Nusa Tenggara Barat (BPPW NTB) Aprialely Nirmala, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan dan Kawasan Permukiman KLU M Zaldy Rahadian, Camat Tanjung Syamsul Bahri, dan unsur TNI/Polri serta tamu undangan lainnya.

Kepala BPPW NTB yang diwakili Kepala Satuan Kerja (Satker) BPPW NTB Aprialely Nirmala, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan TPS 3R tahun 2020, BPPW NTB mendapatkan amanah untuk meresmikan tujuh kegiatan yang ada di empat kabupaten. Salah satunya di KLU, terdapat dua kegiatan TPS 3R yaitu di Desa Jenggala dan Desa Gondang.

Ia mengatakan kegiatan TPS 3R berasal dari APBN dengan anggaran berkisar Rp600 juta dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat. Mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan fisik sampai pemeliharaan dilaksanakan masyarakat, serta dikelola oleh lembaga swadaya masyarakat yang dibentuk oleh masing-masing desa.

"Semoga kedepannya aset yang sudah terbangun TPS 3R ini tidak hanya menjadi monumen saja. Harus dikelola dengan baik dengan keterlibatan multipihak," katanya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Lombok Utara H Sarifudin, berterima kasih kepada Satker BPPW NTB yang telah membantu pembuatan TPS 3R di Kabupaten Lombok Utara, di antara bencana gempa bumi dan COVID-19 yang melanda.

Pada kesempatan tersebut, Sarifudin berharap bangunan tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik, karena dapat membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi khususnya Desa Jenggala, dan Desa Gondang untuk bersinergi menuntasi urusan sampah.

"Pada masa mendatang, melihat luasnya wilayah kita sangat memungkinkan di setiap kecamatan memiliki tempat pengolahan sampah. Ini kedepannya bisa diperjuangkan kembali," ujarnya.

Usai peresmian TPS 3R, Plt Bupati kepada awak media mengatakan harus bersyukur dan berterima kasih kepada Satker, karena telah membantu Pemda Kabupaten Lombok Utara dalam menangani persampahan, sebagai basis ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.

Menurutnya, dibutuhkan manajerial serta sosialsisasi sehingga masyarakat kita teredukasi untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Menjawab pertanyaan awak media, perihal pembangunan TPS 3R tersebut belum semua ada di setiap desa. Dirinya berharap semua kecamatan dapat memperoleh bangunan TPS 3R, seperti yang ada di Desa Jenggala dan Desa Gondang.

Sementara itu, pada tempat yang sama, Kepala Desa Jenggala Fakhruddin, mengatakan adanya TPS 3R ini dapat meminimalisir persoalan sampah yang ada di Desa Jenggala. Hanya saja, lanjutnya, usulan terkait dengan akses jalan menuju tempat TPS 3R.

"Harapan kami dengan kehadiran bapak ibu di sini, bisa mendorong perbaikan jalan, selain TPS 3R di sebelah utara merupakan pantai yang digunakan masyarakat sebagai tempat rekreasi pula," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar