Disbudpar Lombok Utara siapkan Festival Olahraga Air

id Disbudpar Lombok Utara,Festival Olahraga Air,Medana Bay Marina

Disbudpar Lombok Utara siapkan Festival Olahraga Air

Sepasang wisatawan memperhatikan siluet Gunung Rinjani saat Sunrise (matahari terbit) di pinggiran pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB. Foto ANTARA/Ahmad Subaidi

Mataram (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat menyiapkan penyelenggaraan Festival Olahraga Air yang akan dipusatkan di Medana Bay Marina pada 2-3 April 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Utara Vidi Eka Kusuma, di Mataram, Senin, mengatakan Festival Olahraga Air tersebut sebagai salah satu alternatif wisata atraksi guna menarik minat wisatawan untuk datang meskipun masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Harapan kami, festival yang pertama kali itu akan menjadi pelatuk bagi atraksi sport tourism yang lain untuk kita bisa kembangkan di Lombok Utara," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan menyelenggarakan festival tersebut bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Biru, dan kalang civitas akademika dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Mataram yang peduli terhadap pengembangan wisata olahraga.

Menurut Vidi, Festival Olahraga Air yang akan digelar di Medana Bay Marina masih dalam skala kecil. Sebab, sasaran peserta masih di kalangan lokal yang hobi berwisata sambil olahraga. Tapi tidak menutup kemungkinan peserta dari luar NTB juga, namun bukan kalangan profesional.

Ada empat kategori yang dilombakan, yakni individual men, individual women, team men, dan team women.

Para peserta diwajibkan untuk lari sejauh 200 meter, renang 200 meter, dan standUP padding 200 meter.

"Festival Olahraga Air tersebut bisa jadi agenda tahunan. Bahkan kita kembangkan ke arah triathlon bekerja sama dengan kabupaten lain," katanya.