PON XXI momentum bangkitkan sektor pariwisata Aceh

id Pariwisata Aceh,PON XXI Aceh-Sumut 2024,Disbudpar Provinsi Aceh,Teuku Hendra Faisal

PON XXI momentum bangkitkan sektor pariwisata Aceh

Sejumlah pekerja menyiapkan paket makanan untuk tenaga pendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024 di dapur Gedung Serba Guna Politeknik Pariwisata Negeri Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh menyatakan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 menjadi momentum untuk membangkitkan sektor pariwisata Aceh menjadi lebih baik.

"Kami berharap dengan momentum perhelatan PON Aceh Sumut XXI ini membawa warna baru tersendiri untuk pariwisata Aceh untuk bangkit ke depannya lagi," kata Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Provinsi Aceh Teuku Hendra Faisal dalam konferensi pers di Banda Aceh pada Selasa.

Hendra mengatakan, perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 juga menjadi bukti keseriusan pemerintah Aceh dalam membenahi segala infrastruktur, termasuk infrastruktur di sektor pariwisata.

Menurutnya, saat ini destinasi pariwisata di Aceh mulai dikenal oleh orang-orang yang berkunjung selama penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024, terutama wisata pantai yang terkenal akan keindahannya.

"Pariwisata kita yang saat ini sedang menuju wisata yang patut dikunjungi. Ini sudah menjadi buah bibir di seluruh teman-teman provinsi yang hadir di sini. Aceh begitu indah, begitu cantiknya pantai Aceh yang ada di Sabang, Aceh Besar, dan di daerah lain juga," ujarnya.

Hendra mengharapkan, pengalaman wisata di Aceh meninggalkan kesan baik bagi para pengunjungnya sehingga mendorong lebih banyak orang untuk berkunjung ke bumi Serambi Mekkah.

"Karena Aceh welcome ke seluruh masyarakat baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," imbuh Hendra.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Aceh berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait menggelar sejumlah festival budaya dan pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di beberapa kabupaten/kota untuk memeriahkan penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Baca juga: Menjajal hotel terapung KM Kelud bersandar di Aceh
Baca juga: DIY berikan kejutan di sprint R6 putri dengan raihan emas


Hendra menjelaskan rangkaian festival budaya dan kuliner yang tergabung dalam Aceh Festival 2024 ini digelar untuk mempromosikan pariwisata Aceh kepada atlet, tim pendukung, serta wisatawan yang datang selama ajang PON XXI.

"Di sini lah momentum kita coba mengangkat wajah Aceh di seluruh masyarakat pengunjung khususnya tamu-tamu kita yang mengikuti pertandingan cabang olahraga di daerah kita," kata Hendra.