Wabup Lombok Utara lepas tukik peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

id Lombok Utara,Wabup Lepas Tukik,Hari Lingkungan Hidup,Lepas Tukik

Wabup Lombok Utara lepas tukik peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

Pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Sorong Jukung Desa Tanjung, Lombok Utara, NTB. (Foto Humaspro KLU)

Lombok Utara (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Lombok Utara Danny Karter Febrianto R melakukan pelepasan tukik di Pantai Sorong Jukung Desa Tanjung dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (2/6).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan dan Kawasan Pemukiman (LH Perkim) Kabupaten Lombok Utara M Zaldi Rahadian, Kapolsek Tanjung AKP Wahono Brurie Cahyono, Kepala Desa Tanjung Budiawan, serta masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan gotong royong membersihkan lingkungan dan roi pantai yang ada di Dusun Sorong Jukung, dan sekitarnya. 

Wabup Danny menyampaikan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas LH Perkim dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

"Kegiatan bersih-bersih pantai menjadi langkah awal yang baik dan semoga tetap berjalan bukan hanya seremonial saja, tetapi bagaimana kita menjaga kelestarian lingkungan, agar kebersihan tetap terjaga," katanya.

Sebagai catatan, lanjutnya, untuk menggalakkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan diperlukan regulasi dan sarana prasarana agar lingkungan tetap bersih. Mengingat permasalahan sampah adalah klasik. 

"Berdiskusi dengan temen-temen di provinsi, sebenarnya sampah bisa diolah untuk dijadikan bahan bakar dan sebagian dimanfaatkan  masyarakat untuk diolah menjadi kompos serta kerajinan yang memiliki nilai jual," ujarnya.

Untuk menjaga ekosistem baik flora maupun fauna, tukik atau anak penyu yang saat ini hampir punah menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikan hewan dilindungi keberlangsungannya. Selain itu, dibutuhkan pelestarian ekosistem sebagai daya tarik wisata.

"Berharap seluruh pembangunan infrastruktur, agar tetap memperhatikan kelestarian lingkungan" ucap Danny.

Sementara itu, Kadis LH Perkim M Zaldi Rahadian mengatakan kegiatan tersebut adalah salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2021.

"Kegiatan tersebut bentuk kerja sama antara pemda dengan pelaku usaha pariwisata serta masyarakat. Untuk meningkatkan semangat masyarakat terkait sampah. Kita bicara masalah sampah ini, terkait dengan perilaku dan kepedulian bersama di wilayah masing-masing. Banyak hal yang kita lakukan terkait dengan sampah seperti pelayanan sampah keliling," katanya.