FABREGAS BEDA PENDAPAT DENGAN WENGER

id


London (ANTARA)- Kapten Arsenal tampaknya telah mulai berselisih paham dengan Arsene Wenger. Berbeda dengan sang pelatih yang percaya pada para pemain muda, Fabregas justru mewanti-wanti bahwa Arsenal tidak akan memenangkan gelar hanya dengan pemain muda.

"Sejak 2007 saya telah mulai mengatakan kami tidak akan juara, tetapi kami akan tetap bisa bermain indah lalu Anda akan menyadarai bahwa itu tidak ada gunanya," kata Fabregas kepada sebuah majalah Spanyol, Don Balon, seperti dikutip ESPN Soccernet.

Menurut Fabregas lemahnya mental dan kematangan dalam tim berjuluk 'The Gunners' itu yang membuat mereka selalu gagal justru di saat-saat penting. Salah satunya saat mereka kalah dalam Final Piala Carling melawan Birmingham Maret silam.

"Sangat susah memang. Bagi saya itu lebih kepada kosongnya mental kemenangan dalam tim, juga kematangan dalam saat-saat krusial," lanjut pemain berusia 23 tahun itu.

"Masalahnya adalah tim ini harus memenangkan sesuatu. Itu sebabnya memenangkan Piala Carling sangat penting. Kami butuh gelar itu agar bisa membangun kepercayaan diri sebagai sebuah tim. (Hanya) Van Persie yang pernah memenangkan Piala FA sama seperti saya, tidak lebih dari itu," tutur pemain tim nasiona Spanyol itu.

Menurut Fabregas timnya perlu memenangkan sebuah kejuaraan agar bisa terbiasa menjadi pemenang.

"Tak seorang pun di tim yang pernah menjuarai sesuatu. Kami tidak punyai kemampuan untuk mengatakan, 'Sekarang saya tahu bagaiamana rasanya kemenangan dan saya tahu apa yang dibutuhkan untuk itu'," tukasnya lagi.

Sementara itu Wenger pernah menegaskan bahwa ia tidak akan mengubah filosofi permainan Arsenal. Hal itu ditegaskannya setelah terjadinya perubahan komposisi kepemilikan saham di tim itu pertengahan April lalu.

"Tentang masalah-masalah terkait sepak bola kami akan terus fokus pada cara yang kami inginkan untuk bermain dan untuk mengembangkan pemain kami. Kami punya skuad yang berusia rata-rata 23 tahun yang tengah memegang posisi yang sangat kuat di liga," kata Wenger.

"Kami punya filosofi tersendiri tentang sepak bola dan kami akan terus mengembangkannya dan terus mencoba bermain dengan lebih baik," pungkas Wenger. (*)