Pemkab Lombok memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung

id Bencana

Pemkab Lombok memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung

Para korban angin puting beliung saat menerima bantuan dari BPBD Lombok Tengah. (ANTARA/Humas BPBD Loteng)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung yang terjadi di Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur daerah setempat.

"Kami telah berikan batuan material kepada warga terdampak untuk memperbaiki rumahnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Ridwan Makruf di Praya, Senin.

Ia mengatakan, setelah selesai dilakukan pendataan kebutuhan warga yang terdampak, sebanyak lima rumah rusak berat dan 12 rumah rusak ringan. Bantuan material yang diberikan itu berupa asbes, kayu, semen dan bahan bangunan lainnya.

"Dengan adanya bantuan ini bisa membantu warga dan mereka bisa tinggal dengan aman dan nyaman di rumahnya," katanya.

Sebelumnya, hujan lebat yang disertai angin puting beliung melanda wilayah Lombok Tengah, mengakibatkan belasan rumah warga di Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur rusak pada hari Sabtu tanggal 18 Desember Pukul 21.00 Wita.

"Rumah warga mengalami rusak berat dan ringan setelah disapu angin puting beliung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Ridwan Makruf.

Selain merusak rumah warga, dalam peristiwa bencana alam tersebut mengakibatkan dua warga mengalami luka akibat terkena reruntuhan rumahnya.

"Warga yang terluka telah di rawat di puskesmas setempat. Jumlah rumah warga yang rusak berat sebanyak lima rumah dan rusak ringan sekitar belasan rumah.

Dengan adanya kejadian ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dampak curah hujan tinggi yang disertai angin kencang yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor.

"Kita imbau masyarakat untuk tetap waspada dampak cuaca ekstrem yang terjadi di akhir Desember 2021 ini," katanya.