BUPATI DOMPU HARAPKAN DANAMON BANTU KURANGI RENTENIR

id

          Dompu, NTB 21/7 (ANTARA)- Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat H Bambang M Yasin mengharapkan kehadiran Bank Danamon di daerah ini bisa membantu pemerintah mengurangi pratkit rentenir dengan menyalurkan kredit lunak kepada para petani.

         "Saat ini kami sedang menggalakkan tiga program unggulan melalui pengembangan sapi, jagung dan rumput laut (PIJAR). Kami berharap Bank Danamon bisa membantu dalam penyaluran kredit lunak kepada petani," katanya," katanya meresmikan beroperasinya Bank Danamon Unit Dompu, di Dompu, Kamis.

         Ia mengatakan, Bank Danamon yang merupakan salah satu bank besar, kini membuka cabang di Dompu. Bank tersebut  hanya melayani kredit mikro, karena hanya berstatus Kantor Cabang Pembantu (KCP).

         Selain menawarkan kredit lunak kepada petani, Bank Danamon KCP  Dompu, juga melayani berbagai produk lainnya, antara lain Tabungan Si Pintar dan Tabunganku.

         Bambang mengatakan, selama ini untuk membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan program PIJAR, sejumlah lembaga perbankan menyalurkan kredit, yakni BRI dan BNI yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bank NTB menyalurkan kredit lunak serta Lumbung Kredit Pedesaan (LKP) Dompu NTB dengan dana tangggungjawab sosial perusahaan (CSR).

         "Bantuan kredit dari beberapa bank yang sudah ada itu, belum mampu mengurangi ketergantungan warga terutama petani terhadap rentenir," katanya.

         Manager Unit Bank Danamon KCP Dompu Salahudin Al Ayubi Hasbi, mengatakan, dengan beroperasinya KCP Bank Danamon di Dompu, salah satunya untuk membantu msyarakat di daerah ini  keluar dari kemiskinan.

         "Kami menawarkan pencairan kredit dalam waktu relatif cepat, yakni hanya tiga hari setelah kami menerima dokumen lengkap, kredit sudah bisa dicairkan. Ini sangat membantu warga terutama kalangan  usaha mikro, dalam pengembangan usahanya," jelasnya.

         Menurut dia, KCP Danamon Dompu hanya menyalurkan kredit untuk  usaha kecil mikro, sementara untuk usaha makro ditangani oleh kantor  Cabang.

         Pada peresmian Bank Danamon KCP Dompu, Bupati Dompu Bambang M Yasin menjadi nasabah pertama sekaligus untuk mengajak warga Dompu untuk membiasakan menabung. (*)