TIGA SISWA MATARAM WAKILI NTB IKUTI OSN

id



          Mataram, 25/7 (ANTARA) - Tiga orang siswa dari Kota Mataram mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar yang akan digelar di Manado, Sulawesi Utara 11 September 2011.

         Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, di Mataram, Senin, menyebutkan tiga orang siswa tersebut yaitu M. Farhan Mubaroq siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Cakranegara, Ajeng Salita Gaida siswa SD Negeri 44 Ampenan. Kedua siswa itu akan mewakili NTB pada Olimpiade Sain Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika.

         "Satu siswa lainnya adalah M. Robial Asror, siswa SD Negeri 13 Ampenan. Siswa itu akan mengikuti OSN untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)," ujarnya.

         Menurut dia, ketiga siswa dari Kota Mataram itu terpilih mewakili NTB di OSN SD se-Indonesia setelah lolos seleksi tingkat provinsi.

         Ketiga siswa dari Kota Mataram tersebut terpilih bersama dengan dua siswa dari Kabupaten Sumbawa dan satu siwa dari Lombok Timur, sehingga jumlah wakil NTB pada OSN tingkat SD sebanyak enam orang.

         Seluruh siswa yang akan dikirim saat ini tengah mengikuti pembinaan yang diberikan oleh tim dari Dinas Dikpora NTB.

         Zaenal berharap keenam orang siswa yang mewakili NTB itu bisa memberikan prestasi terbaik seperti yang telah diraih oleh Anneta Dewi Wijaya, alumni SD Kristen Aletheia, Kota Mataram yang meraih emas di OSN tingkat SD pada 2009.

         "Anneta juga berhasil mengharumkan nama NTB di ajang Olimpiade Matematika di Filipina yang digelar pada 28 November hingga 2 Desember 2009. Dia berhasil meraih dua medali perak pada kategori individual dan satu medali perunggu pada kategori tim," ujarnya.    
    Selain prestasi di tingkat SD, kata dia, siswa SMP Negeri 2 Kota Mataram atas nama I Putu Adityo Arthayasa juga meraih medali perak pada OSN tingkat SMP yang digelar di Manado, Sulawesi Utara pada 15-20 Juli 2011.

         Meskipun meraih medali perak, kata Zaenal, prestasi tersebut sudah cukup membanggakan bagi NTB, khususnya Kota Mataram karena siswa yang menjadi peserta berasal dari sekolah ternama yang ada di Indonesia.

         Pemerintah Kota Mataram akan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada para siswa yang telah mengharumkan nama daerah.

         "Kami akan berikan penghargaan kepada I Putu Adityo Arthayasa. Begitu juga nanti dengan siswa SD dari Kota Mataram yang berhasil meraih juara pada OSN tingkat SD di Manado yang akan digelar habis lebaran," katanya.(*)