JCH Lombok Tengah bebas dari COVID-19

id JCH,lombok tengah,NTB,bebas COVID-19

JCH Lombok Tengah bebas dari COVID-19

FOTO ARSIP - Jamah calon haji asal Nusa Tenggara Barat saat naik pesawat di Bandara Internasional Lombok. (FOTO ANTARA/Istimewa)

Praya, NTB (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan dan tes usap PCR yang telah dilaksanakan, semua jamaah calon haji (JCH) daerah itu dipastikan bebas COVID-19.

"Hasil pemeriksaan tes usap PCR  tidak ada yang positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lombok Tengah Suardi di Praya, Jumat.

Pemeriksaan ratusan JCH Lombok Tengah tersebut dilakukan di masing-masing puskesmas yang ada di kecamatan. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pelayanan kepada para jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi.

"Kondisi jamaah calon haji Lombok Tengah saat ini dalam keadaan sehat," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah menyatakan JCH di daerah setempat akan mulai diberangkatkan pada Jumat (24/6) dan Sabtu (26/6) 2022.

"Keberangkatan JCH Lombok Tengah dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter)," kata Kasi Pengelola Haji dan Umron Kemenag Lombok Tengah L Asy'ari.

Sebelum JCH diberangkatkan menuju Tanah Suci  melalui Bandara Internasional Lombok, mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes PCR bebas COVID-19 sehari sebelum masuk Asrama Haji Mataram. Setelah dipastikan sehat dan bebas COVID-19, barulah mereka diberangkatkan melalui Embarkasi Bandara Lombok menuju Embarkasi Jeddah.

"Mereka masuk asrama haji tanggal 24 Juni dan diberangkatkan tanggal 25 Juni. Sedangkan untuk JCH yang masuk asrama haji tanggal 26 Juni, diberangkatkan tanggal 27 Juni melalui embarkasi Bandara Lombok," katanya.

Sementara itu, jumlah JCH asal Lombok Tengah yang diberangkatkan itu termasuk pendamping sebanyak 334 orang. Dimana sebelum ada 9 orang yang telah masuk lis daftarkan keberangkatan haji 2022, namun mereka tidak berangka dengan alasan mau berangkat bersamaan dan ada dua orang yang meninggal dunia.

"Total yang berangkat itu 334 orang," katanya.

JCH asal Provinsi NTB akan mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah pada tanggal 20-27 Juni yang dibagi menjadi enam kloter. Sedangkan total jamaah calon haji yang sudah masuk daftar sesuai kuota sebanyak 2.074 orang di semua kabupaten/kota di NTB, demikian Suardi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hasil tes PCR, jamaah calon haji Lombok Tengah bebas dari COVID-19