KPK bahas empat isu prioritas di ACWG G20

id ACWG G20,Isu Prioritas Antikorupsi,G20,KPK

KPK bahas empat isu prioritas di ACWG G20

Deputi Bidang Informasi dan Data Komisi Pemberantasan Korupsi sekaligus Chair Anti-Corruption Working Group Mochamad Hadiyana dalam pertemuan G20 ACWG putaran pertama di Jakarta. (ANTARA/HO-Humas KPK)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Informasi dan Data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mochamad Hadiyana mengatakan KPK akan melanjutkan pembahasan tentang empat isu prioritas yang diusung Indonesia untuk memberantas korupsi dalam pertemuan putaran kedua Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20.

"Pada putaran pertama, seluruh delegasi menyatakan dukungannya terhadap empat isu prioritas yang diusung Indonesia. Selanjutnya, kami akan melanjutkan pembahasannya secara lebih elaboratif bersama para delegasi di putaran kedua nanti," kata Hadiyana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Empat isu prioritas tersebut terdiri atas peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi, partisipasi publik dan pendidikan antikorupsi, kerangka regulasi dan supervisi peran profesi hukum pada pencucian uang hasil korupsi, serta pemberantasan korupsi di sektor energi terbarukan.

Pertemuan putaran kedua, yang akan diikuti oleh 20 delegasi dari negara-negara anggota G20, dilaksanakan pada 5-8 Juli 2022 di Nusa Dua, Bali. Sebelumnya, pertemuan putaran pertama ACWG G20 berlangsung pada 28-31 Maret 2022 dengan dihadiri oleh seluruh delegasi secara virtual.

Baca juga: Indonesia usung lima target bidang kesehatan pada KTT G20
Baca juga: Kemenpora harap Y20 berikan rekomendasi tingkatkan SDM kaum muda


Lebih lanjut, Hadiyana menyampaikan peran audit pemberantasan korupsi akan menjadi isu dalam high level principle (HLP), yakni dokumen kebijakan yang disepakati diimplementasikan negara-negara anggota G20.