38 kloter jamaah haji sudah dipulangkan ke Tanah Air

id Haji 2022,kloter jamaah haji,pemulangan jamaah haji

38 kloter jamaah haji sudah dipulangkan ke Tanah Air

Sejumlah jamaah haji kloter 7 Debarkasi Solo saat menurun tangga pesawat terbang setibanya di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu (20/7/2022). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Mekkah (ANTARA) - Sebanyak 38 kelompok terbang (kloter) jamaah haji gelombang pertama sudah dipulangkan ke Tanah Air setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji 2022. "Sejak 15 Juli, kita sudah memberangkatkan jamaah haji pulang ke Indonesia kurang lebih 38 kloter dengan sekitar 15 ribu jamaah," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif di Mekkah, Rabu.

Proses pemulangan jamaah haji Indonesia dari Mekkah ke Tanah Air berlangsung sejak 15 sampai 29 Juli 2022. Mereka adalah jamaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama yang tiba lebih dahulu di Madinah untuk menjalani ibadah Arbain.

Baca juga: Jamaah haji diimbau tak khawatir informasi COVID-19
Baca juga: Menag minta maaf layanan jamaah haji belum sesuai harapan


Mulai Kamis (21/7), Daker Mekkah juga akan mulai memberangkatkan jamaah haji menuju Madinah. Mereka adalah jamaah haji yang diberangkatkan pada gelombang kedua yang tiba di Jeddah lalu menuju Mekkah untuk menjalani prosesi haji terlebih dahulu.

Keberangkatan jamaah akan menggunakan sarana transportasi bus antarkota. Khanif memastikan bus yang akan digunakan sudah siap. Bus yang disediakan dalam kondisi baik dengan tahun keluaran paling lama tidak lebih dari lima tahun.

Pemberangkatan ke Madinah dimulai dengan jemaah kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 24). Sebanyak 393 jamaah akan diberangkatkan pada pukul 07.00 Waktu Arab Saudi dari Mekkah. "Besok dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan ke Madinah dengan total kurang lebih 1.932 jamaah," sambungnya.