Program Kemitraan Masyarakat Desa Sedau: Sosialisasikan Budidaya Tumbuhan Obat Sasambo

id Sasambo,Dusun Sedau,Lombok Barat

Program Kemitraan Masyarakat Desa Sedau: Sosialisasikan Budidaya Tumbuhan Obat Sasambo

Sosialisasi Tumbuhan Obat Sasambo

tumbuhan Sasambo yang dapat dijadikan obat dan bagaimana cara budidaya yang baik dan benar
Mataram (ANTARA) - Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tumbuhan Obat Sasambo. 

PKM merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. 

Secara khusus, PKM termasuk ke dalam pengabdian kepada masyarakat, salah satu bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan memberikan edukasi melalui kegiatan sosialisasi, salah satunya seperti yang telah dilaksanakan Tim Universitas Mataram di Desa Sedau berupa sosialisasi budidaya tumbuhan obat sasambo.  

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan di Dusun Selen Aik, Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat yang diketuai oleh Dr Aliefman Hakim. 

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan jenis–jenis tumbuhan Sasambo yang dapat dijadikan obat dan bagaimana cara budidaya yang baik dan benar. 

Isi dari sosialisasi ini yaitu pemberian edukasi apa saja jenis-jenis tumbuhan Sasambo yang dapat dijadikan obat, jenis tanah yang dapat membuat tumbuhan menjadi subur, jarak tanam, dan bagaimana cara merawatnya. Adapun jenis tumbuhan sasambo yang dapat dijadikan sebagai obat yakni, kayu putih, kelor, dan Sereh wangi. 

Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Dusun Selen Aik teredukasi dan kemudian mengetahui apa saja jenis–jenis tumbuhan Sasambo yang dapat dijadikan obat.