Kapolda NTT berkomitmen pertahankan keamanan wilayah perairan Labuan Bajo

id Satpolairud, labuan bajo, manggarai barat, ntt, kapolda, perairan, pariwisata

Kapolda NTT berkomitmen pertahankan keamanan wilayah perairan Labuan Bajo

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma mengukuhkan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat di Labuan Bajo, NTT, Rabu (2/11/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Labuan Bajo (ANTARA) - Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma menyatakan berkomitmen untuk mempertahankan keamanan perairan Labuan Bajo lewat kehadiran Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat.

"Dengan adanya Satpolairud ini, operasi penertiban akan semakin efektif karena memang langsung berada di bawah komando Kapolres. Ini merupakan salah satu target kita untuk menertibkan pelanggaran di laut," kata pria yang akrab disapa Johni ini kepada wartawan usai mengukuhkan Satpolairud Polres Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu, (2/11/2022).

Kehadiran Satuan Polairud di bawah komando Polres Manggarai Barat merupakan keputusan strategis Kapolri untuk membangun Polri yang siap melayani masyarakat di mana saja. Johni mengatakan kehadiran Satuan Polairud akan memberi kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah laut, termasuk memberi perlindungan dan pencarian pertolongan kepada masyarakat yang ditimpa musibah.

"Dengan adanya Satpolairud ini, tugas kepolisian baik dalam pemeliharaan kamtibmas di laut, penegakan hukum di laut, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan di laut akan lebih baik. Tentunya pelanggaran laut lainnya akan diprioritaskan," kata Johni menegaskan.

Johni berharap para personel dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat di wilayah perairan, nelayan, masyarakat, dan para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Dia pun berharap adanya kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan segenap pemangku kepentingan lain untuk mendukung pengamanan perairan di Labuan Bajo. "Mudah-mudahan karena ada event besar di sini terutama ASEAN Summit tahun depan, kita usulkan ke Mabes untuk penambahan personel di sini," katanya berharap.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi yang hadir dalam Pengukuhan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat memberikan apresiasi atas dukungan Polda NTT untuk mengamankan wilayah perairan dan mendukung pariwisata Labuan Bajo.

Baca juga: Sandiaga targetkan Labuan Bajo siap beroperasi 2024
Baca juga: Warga Labuan Bajo ikut lomba dayung dari IFG


Menurutnya kehadiran Satpolairud Polres Manggarai Barat sangat strategis karena Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia. Dengan predikat super prioritas itu maka Labuan Bajo dituntut untuk memberikan jaminan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung.

Bupati yang akrab disapa Edi Endi itu pun berharap adanya kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan aparat kepolisian guna mendukung pengamanan pariwisata Labuan Bajo. "Kita dituntut menjamin wisatawan untuk merasa nyaman selama berwisata di tempat ini, termasuk bagaimana negara khususnya polisi hadir ketika terjadi kecelakaan berwisata di laut; kepolisian hadir menyelamatkan jiwa raga orang yang terkena musibah," kata bupati menandaskan.