Dewa United menangi derbi Surabaya

id Bola Basket,IBL Indonesia Cup 2022,Dewa United

Dewa United menangi derbi Surabaya

Pemain Dewa United Jamarr Andre Johnson beraksi dalam pertandingan pertama Grup A IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Sabtu (5/11/2022). (ANTARA/HO-IBL)

Jakarta (ANTARA) - Dewa United berhasil memenangi derbi Surabaya, setelah mengatasi perlawanan Elang Pacific Caesar, dan lepas dari tekanan pada paruh kedua untuk meraih kemenangan 81-59 pada pertandingan pertama Grup A IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Sabtu.

Seperti disiarkan laman resmi IBL, Elang Pacific mencengkeram pada kuarter awal, memaksa Anak Dewa bermain sama kuat dengan membagi angka kembar, 17-17. Perlawanan Yonatan dan kawan-kawan tak mereda pada kuarter kedua, walau kalah tipis pada kuarter tersebut. Anak Dewa mencatat 22 angka, sementara Pacific mengemas 20 angka. Dewa United tipis memimpin paruh pertama 39-37.

Kuarter ketiga, sedikit demi sedikit Anak Dewa lepas dari tekanan pasukan Elang. Lenardo Effendy membuka angka, diikuti Xaverius Prawiro, yang kemudian dibalas oleh Yonatan.

Kaleb Ramot Gemilang dan Jamarr Andre Johnson menjauhkan keunggulan Dewa, sebelum M. Ariezky menipiskannya. Leonardo dan Ferdian Dwi Purwoko kembali menambah margin keunggulan Dewa. Lima menit awal kuarter ketiga Kaleb dkk memimpin 51-42.

Lima angka beruntun dari Dio Freedo Putra sempat memberikan harapan bagi Pacific, tapi Ferdian membalas dengan dua angka lewat lemparan bebas. Gregorio Wibowo dan Ferdian kemudian berbalas dua poin, kuarter ketiga berakhir dengan keunggulan tujuh angka bagi dewa, 55-48.

Gregorio membuka poin Pacific pada kuarter terakhir. Jason Kurniawan juga membalas dengan tiga poin bagi Dewa. Lima menit akhir, Dewa memimpin 63-54. Three points Ariezky kembali mendekatkan selisih, namun Dewa melesat dengan rangkaian angka dari Kevin Moses Poetiray, Kaleb, Xaverius Prawiro, Dio Tirta, serta Ferdian, poin menjadi 79-57.

Muhammad Jamalong menambah dua angka Pacific, sebelum Ferdian menutup angka untuk kemenangan Dewa United 81-59. Kaleb mencetak 15 angka plus enam rebound dan lima assist. Ferdian mencatat 14 poin dan sembilan rebound. Jamarr mencetak 11 angka, sembilan rebound, empat assist dan lima steal. Xaverius menambah dengan sepuluh poin dan empat assist.

Baca juga: Pebasket Christian Gunawan susul Rizal Falconi
Baca juga: Tim basket Dewa United lanjutkan pelatihan terbuka


Dari kubu Pacifc, Dio Freedo mengemas 15 poin. Ariezky membuat 14 angka dan Gregorio menyumbang sepuluh angka. "Sebelumnya kredit untuk Pacific mainnya keren banget. Untuk Dewa United, mungkin ada beberapa pemain baru dan perombakan sistem jadi masih penyesuaian," kata Kaleb dikutip dari laman resmi Dewa United. "Ini masih gim pertama, tapi di gim selanjutnya saya yakin pasti bisa lebih baik lagi," imbuhnya.