Pemkab Buleleng meraih Anugerah Meritokrasi 2022

id Pemkab Buleleng, sistem merit, KASN,Anugerah Meritokrasi 2022,Meritokrasi

Pemkab Buleleng meraih Anugerah Meritokrasi 2022

Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali meraih Anugerah Meritokrasi 2022 sebagai instansi pemerintah yang menerapkan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya. Antaranews Bali/HO-Humas Buleleng/2022.

Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali meraih Anugerah Meritokrasi 2022 sebagai instansi pemerintah yang menerapkan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara (ASN) di wilayah tersebut.

"Penghargaan diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan nilai 330,5 dan predikat sangat baik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Kamis.

Suyasa menjelaskan hanya dua kabupaten di Bali yang meraih predikat sangat baik. Selain Kabupaten Buleleng,yang juga mendapatkan penghargaan yang sama adalah Kabupaten Badung. Predikat sangat baik ini menjadi satu bentuk dari upaya yang konsisten dan juga komitmen dari pejabat pembina kepegawaian untuk menerapkan sistem merit dalam bidang kepegawaian.

Adapun sistem merit ini akan sangat membantu daerah untuk kedepannya dalam hal menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan potensi dan kompetensinya. Serta keterampilan yang dimiliki.

"Dengan nilai yang sangat baik, ya tentu kita ke depan harus berusaha untuk menjaga konsistensi dan komitmen. Agar aturan-aturan birokrasi kepegawaian itu tetap bisa dilaksanakan, dipatuhi dan dipedomani. Dalam hal melakukan tata kelola di bidang meritokrasi kepegawaian," jelasnya.

Bagian tersebut tentu telah diperhitungkan dengan matang oleh KASN, termasuk melihat kriteria yang dipenuhi oleh Buleleng sehingga mencapai sangat baik. Upaya-upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan para ASN terus dilakukan. Tes asesmen kepada para pejabat eselon dua juga telah dilakukan oleh Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.

"Ini juga memberikan penambahan nilai yang cukup signifikan untuk bisa naik dari baik menjadi sangat baik," ujar Suyasa. Sementara itu, pejabat KASN, Agus Pramusinto menyebutkan periode kali ini pihaknya menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik dan baik. Rinciannya, 30 instansi pemerintah yang meraih kategori sangat baik dan 144 peraih predikat baik.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah menerima penghargaan dari Bank Dunia
Baca juga: Pemkot Mataram meraih penghargaan SAKIP predikat BB


Keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN.

"Selain itu, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dan instansi paguyuban dalam menerapkan sistem merit,” katanya.