Pemudik manfaatkan momen libur Natal untuk silaturahmi

id Pemudik ,Momen,Libur Natal ,Silaturahmi ,Ziarah,Libur sekolah,Libur nasional,Libur 2023

Pemudik manfaatkan momen libur Natal untuk silaturahmi

Kendaraan pemudik libur Natal memasuki Tempat Istirahat dan Pelayanan KM 57 Tol Jakarta - Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/Aji Cakti

Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Masyarakat memanfaatkan liburan Natal kali ini untuk melakukan mudik dengan beragam kepentingan, mulai dari ingin bersilaturahmi dengan teman-teman sampai ada yang melakukan ziarah ke makam orang tua.

Pemudik Abriyanto atau disapa Abi asal Jakarta memanfaatkan liburan Natal kali ini untuk berziarah ke makam orang tua di Cilacap bersama anak-anaknya. "Saya tujuannya ke Cilacap dari Jakarta. berangkat tadi pagi. Rencananya kita liburan sekolah sekaligus ziarah ke orang tua," ujar Abi saat ditemui di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 57 Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada Sabtu.

Abi yang melakukan perjalanan dengan berangkat pada pagi hari itu berharap dapat sampai lokasi tujuan dengan lancar. "Mudik Natal kali ini cukup padat, makanya kita berangkat pada pagi hari ini bukan semalam. Saya berharap bisa lancar dan tidak ada kendala sampai tujuan, serta kembali ke Jakarta dengan selamat," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, pemudik lainnya bernama Ahmad Tri asal BSD memanfaatkan Natal kali ini dengan membawa anak-anaknya berlibur ke Bandung. "Saya dari BSD tujuan ke Bandung, sekedar liburan saja bersama anak-anak," katanya.

Dia melihat antusiasme orang-orang memanfaatkan liburan Natal kali ini, karena sudah lama tidak melakukan liburan akibat pandemi COVID-19 dua tahun sebelumnya. "Sebetulnya kita sudah lama tidak berlibur, mungkin liburan tahun ini banyak orang yang berlibur. harapannya perjalanan lancar sampai lokasi tujuan dan semoga happy di liburan kali ini bersama keluarga," katanya.

Sementara itu, Sulastri yang ditemani suaminya memanfaatkan libur Natal tahun ini untuk bersilaturahmi ke teman-temannya di Cirebon. Dirinya berharap dapat selamat sampai tujuan perjalan dengan lancar dan selamat, kendati perjalanan di Tol Jakarta - Cikampek cukup padat.

Baca juga: La Riviera PIK 2 dipadati 4.363 pengunjung hingga sore
Baca juga: Gegana sterilisasi lima gereja di Bantul


"Alhamdulillah perjalanannya lancar, cuma kita pas menjelang rest area agak macet karena mungkin orang-orang mau ke rest area. Mudah-mudahan lancar sampai tujuan perjalanan," kata Sulastri.

Sebelumnya, PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau pemudik untuk berkendara secara aman dan mematuhi batas kecepatan saat melintasi Jalan Tol Jakarta - Cikampek pada liburan Natal tahun ini. Jasa Marga telah memasang rambu batas kecepatan yang terpasang di beberapa titik sepanjang jalan tol. Pengguna jalan tol juga diimbau untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol. Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemudik manfaatkan momen libur Natal untuk silaturahmi sampai ziarah