Senjata api personel Polres Bima dicek

id senpi polisi bima,senjata api,polres bima

Senjata api personel Polres Bima dicek

Senjata api anggota Polres Bima, Nusa Tenggara Barat saat dilakukan pengecekan (ANTARA/Humas Polres Bima)

Mataram (ANTARA) - Kapolres Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat melakukan pengecekan senjata api (Senpi) para personel guna mencegah terjadinya penyalahgunaan.

Kapolres Kabupaten Bima, AKBP Hariyanto dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa mengatakan, sasaran pemeriksaan yaitu kelengkapan administrasi senpi dinas dan pemeriksaan kondisi kebersihan fisik senpi.

"Pemeriksaan senpi bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan barang inventaris milik dinas sekaligus bertujuan untuk mengecek kedisiplinan anggota terhadap penggunaan senpi," katanya. 

Dengan adanya pencekan secara berkala ini diharapkan, sewaktu digunakan dapat berfungsi dengan baik. Selain itu bertujuan menginventarisir senpi dinas, sehingga antara administrasi dan bukti fisik sinkron.

"Ketika digunakan sepi ini bisa berfungsi dengan baik," katanya. 

Dengan pemeriksaan ini dapat juga mencegah penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polres Bima serta Polsek jajaran.

Selain mengecek kebersihan dan kondisi senpi, pihaknya juga lakukan pengecekan kelengkapan administrasi seperti masa berlakunya Surat Ijin Pemegang senpi milik personel.

"Ini rutin dilakukan secara berkala," katanya. 

Kapolres menekankan agar merawat barang dinas dengan baik, dimana terdapat hak dan kewajiban yang harus terpenuhi baik, administrasi maupun operasional. Sehingga tidak sampai menghambat tugas-tugas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

"Kita sebagai anggota Polri harus tetap siap memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.