NTB optimistis aktivitas mudik tanpa hambatan serius

id Mudik lebaran 2013, optimistis tanpa hambatan, Dishubkominfo NTB

"Optimistis para pihak itu terungkap dalam rapat koordinasi terpadu terkait arus mudik lebaran, yang digelar beberapa kali," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Ridwan Syah.
Mataram (Antara Mataram) - Para pemangku kepentingan di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) optimistis aktivitas mudik lebaran tahun ini tanpa hambatan serius karena berbagai hambatan sudah dibenahi.

"Optimistis para pihak itu terungkap dalam rapat koordinasi terpadu terkait arus mudik lebaran, yang digelar beberapa kali," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Ridwan Syah, di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, optimistis itu dilatarbelakangi oleh berbagai faktor penyebab, seperti kondisi ruas jalan yang semakin mantap, atau lebih baik dari tahun sebelumnya.

Proyek peningkatan kualitas dan perbaikan ruas jalan, memang masih terjadi di beberapa titik namun hal itu tidak mengganggu kelancaran arus mudik.

Pemangku kepentingan di bidang infrastruktur seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga telah berkomitmen untuk menghentikan semua aktivitas proyek jalan pada puncak arus mudik tiga hari sebelum lebaran (H-3).

"Dari pantauan lapangan, aspek jalan tidak menjadi masalah, sehingga diyakini arus mudik maupun arus balik akan berjalan lancar tanpa hambatan berarti," ujarnya.

Selain itu, untuk lebih menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik, Dishubkominfo NTB telah menjalin kerja sama dengan aparat kepolisian untuk melakukan pemantauan intensif di berbaga titik rawan kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur mudik.

Potensi kecelakaan lalu lintas lebih pada kendaraan beroda dua, dan umumnya pemudik menggunakan kendaraan itu.

"Kami upayakan koordinasi lintas sektoral demi kelancaran arus mudik dan arus balik tetap terjaga, agar memudahkan penanganannya jika mencuat masalah," ujarnya.

Ridwan juga mengungkapkan bahwa suasana arus mudik lebaran tahun ini lebih memberi ruang santai atau tidak terkesan terburu-buru karena libur dan cuti bersama relatif lebih awal dari waktu lebaran.

Arus mudik sudah bisa dilaksanakan pada 3 Agustus 2013 atau lima hari sebelum lebaran, karena sudah memasuki masa liburan Sabtu dan Minggu, serta cuti bersama yang dimulai sejak 5 Agustus hingga lebaran 8-9 Agustus 2013.

Pascalebaran juga ada dua hari libur yakni Sabtu dan Minggu, sehingga arus balik pun tidak tergesa-gesa.

"Inilah kondisi yang membuat para pemangku kepentingan di wilayah NTB merasa optrimistis bahwa aktivitas mudik lebaran tahun ini tanpa hambatan serius," ujar Ridwan. (*)