Korpri Bekasi salurkan bantuan 10 unit pompa air

id Penyerahan bantuan,Bantuan pompa air,10 unit pompa,Bantuan Pengurus Korpri,Bantu Destana,Pemulihan dampak banjir,Kabupat

Korpri Bekasi salurkan bantuan 10 unit pompa air

Penyerahan secara simbolis bantuan 10 unit mesin pompa dari Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Bekasi kepada perwakilan pengurus desa tangguh bencana di aula Gedung BPBD Kabupaten Bekasi, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Kamis. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Korps Pegawai Republik Indonesia atau Korpri Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyalurkan bantuan sebanyak 10 unit mesin pompa air kepada 10 desa tangguh bencana (Destana) di daerah itu untuk membantu percepatan pemulihan banjir.
 

"Bantuan ini sebagai wujud kepedulian, kesetiakawanan sosial, dan kemanusiaan. Alhamdulillah kami dari seluruh anggota Korpri Kabupaten Bekasi bisa memberikan bantuan pompa air untuk dimanfaatkan sebaik mungkin di masa pemulihan banjir ini," kata Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi di Cikarang, Jabar, Kamis.

Dia menyatakan 10 desa penerima bantuan ini merupakan wilayah kategori rawan banjir, meliputi Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Desa Lenggahjaya Kecamatan Cabangbungin, serta Desa Buni Bakti dan Desa Huripjaya di Kecamatan Babelan.

Kemudian Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi, Desa Sukabakti Kecamatan Tambelang, Desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya, Desa Tanjungsari Kecamatan Cikarang Utara, Desa Setiadarma Kecamatan Tambun Selatan, serta Desa Cikarageman di Kecamatan Setu.

Dedy mengatakan aksi sosial tersebut merupakan hasil donasi seluruh anggota Korpri yang ikut berpartisipasi dalam meringankan beban warga terdampak banjir agar bisa segera mengatasi situasi tanggap darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bekasi.

"Kami berpesan kepada para relawan Destana selaku penerima bantuan agar bisa menjaga dan merawat pompa air tersebut dengan baik, sehingga bermanfaat bagi masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi itu.

Baca juga: Pemkab Bekasi beli mesin pompa atasi genangan
Baca juga: BBWS Bengawan Solo akan tambah pompa air

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengapresiasi aksi peduli Korpri Kabupaten Bekasi dengan memberikan bantuan pompa air kepada 10 desa tanggap bencana binaan BPBD. "Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bekasi yang telah memberikan batuan pompa air ini kepada Destana sehingga bisa meringankan tugas kita," katanya.

Menurut dia pompa air sangat dibutuhkan masyarakat terutama di titik banjir yang lambat surut karena kondisi wilayah yang memiliki kantong-kantong air. Penyedotan air menggunakan mesin pompa ini dipastikan mempercepat air surut usai dilanda banjir.

Muchlis memastikan para relawan Destana telah dibekali keterampilan khusus dalam menghadapi bencana. Hingga kini sudah ada 90 desa tanggap bencana dan ke depan secara bertahap akan dibentuk hingga menjangkau 187 desa dan kelurahan di Kabupaten Bekasi.