Wagub NTB menemui Menkes terkait peningkatan layanan kesehatan

id Wagub NTB Temui Menkes ,NTB

Wagub NTB menemui Menkes terkait peningkatan layanan kesehatan

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Sitti Rohmi Djalilah (kanan) berbincang dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) di Jakarta. (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj Sitti Rohmi Djalilah menemui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dan layanan rujukan di daerah itu.

"Kami menyampaikan beberapa permohonan kepada Menkes dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dan layanan rujukan di NTB," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Rabu.

Wagub menyebutkan sejumlah permohonan tersebut di antaranya, hibah aset Poltekkes Mataram, dalam rangka percepatan pengembangan dan peningkatan kualitas layanan pada RSUP NTB sebagai rujukan layanan kanker, jantung, stroke dan uro-nefrologi (KJSU), KIA Terpadu, Rehabilitasi Medik dan Medical Tourism.

"Selanjutnya percepatan pengembangan RS Mandalika menjadi kelas C yang menopang kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Mandalika dan pengembangan layanan utamanya layanan kanker, jantung, stroke khususnya bagi wilayah Lombok bagian selatan," terang Wagub NTB.

Selain itu, lanjut Wagub NTB, pihaknya juga menyampaikan perihal peningkatan kelas RS Manambai menjadi kelas B yang menjadi jejaring layanan KJSU khususnya di kawasan Pulau Sumbawa dalam mendukung pelaksanaan MXGP di Samota Sumbawa.

Kemudian peningkatan dan pengembangan layanan di RS Mata NTB dalam rangka menurunkan angka kebutaan di NTB yang masih tinggi sampai empat persen.

"Ini tertinggi ke dua di Indonesia," ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, pihaknya berharap penyediaan dan peningkatan sarana, prasarana dan SDM. Peningkatan dan pengembangan layanan unggulan di RSJ Mutiara Sukma dalam upaya mendukung peningkatan kesehatan jiwa bagi masyarakat di NTB melalui penyediaan dan peningkatan sarana, prasarana dan SDM.

"Selain itu, Wagub NTB juga menyampaikan berbagai upaya percepatan intervensi stunting melalui pemanfaatan dan publikasi data rutin dan survei serta data rutin by name by address," katanya.