Pasangan Fajar/Rian libas ganda Kanada di Spain Masters

id ganda putra,fajar aldian,muhammad rian ardianto,fajar/rian,bwf super 300,spain masters 2023

Pasangan Fajar/Rian libas ganda Kanada di Spain Masters

Arsip - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardian (kiri) mengembalikan kok ke arah lawan yang merupakan rekan senegaranya Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan dalam final All England 2023 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu (19/3/2023). ANTARA FOTO/HO-Humas PBSI/mrh/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra peringkat satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hanya butuh 20 menit untuk melibas wakil Kanada Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman dalam babak pertama Spain Masters 2023 di Madrid, Spanyol, Selasa waktu setempat.

Fajar/Rian mencatatkan skor 21-9, 21-13 pada pertemuan perdana kontra ganda putra peringkat ke-50 itu, sekaligus mengamankan tiket ke babak 16 besar turnamen berkategori BWF Super 300 tersebut.

Juara All England dua pekan lalu itu bermain nyaman dan konsisten saat menghadapi Lee/Lindeman yang secara teknik lebih inferior dibandingkan duo Indonesia. Fajar/Rian hanya butuh adaptasi singkat pada awalan gim yang dimainkan, sehingga sempat tertinggal satu poin pada awal pertandingan.

Setelah tertinggal 1-2, Fajar/Rian tancap gas lewat serangan yang tak bisa dibendung Lee/Lindeman dan sukses mengemas lima poin beruntun sebagai modal awal kemenangan gim pertama.

Sama halnya pada gim kedua, saat Fajar/Rian tertinggal pada awal permainan, mereka lanjut membalas lewat pukulan-pukulan yang akurat dan tak bisa dihalau lawan. Sejumlah poin beruntun pun sukses mereka rebut dari Lee/Lindeman.

Keunggulan yang dipegang Fajar/Rian tak bisa disamai oleh lawan, mereka pun menang mudah pada pertandingan yang menjadi partai terakhir dari pelaksanaan babak pertama Selasa. Sayangnya kesuksesan mereka tak diikuti ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang langsung tersingkir pada babak pertama, usai dikalahkan Shuntaro Mezaki/Haruya Nishida asal Jepang.

Juara Indonesia Masters 2023 itu dipaksa mengakui keunggulan duo Jepang dalam pertemuan perdana mereka yang berakhir dengan skor 21-18, 21-23, 17-21. Beruntung skuad ganda putra Indonesia turut menyisakan dua pasangan lainnya dari babak pertama Spain Masters, yaitu Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca juga: Tunggal putri Indonesia utuh hingga perempat final Swiss Open
Baca juga: All England 2023: Leo/Daniel mengakhiri rekor kekalahan dari Aaron/Soh


Bagas/Fikri melewati babak pertama dengan kemenangan rubber game kontra Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren asal Thailand dengan skor akhir 21-13, 18-21, 21-15. Sedangkan Pram/Yere juga lolos ke babak kedua berkat kemenangan mudah yang didulang atas wakil Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi, dengan dua gim langsung 21-9, 21-12.