Remitansi tki ntb terbesar dari timur tengah

id Remitansi TKI

Oleh Awaludin



Mataram, 2/6 (Antara) - Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat mencatat total remitansi tenaga kerja Indonesia di luar negeri periode Januari-April 2015 mencapai Rp474,46 miliar, yang sebagian besar berasal dari negara-negara di kawasan Timur Tengah.

"Hampir 50 persen dari total kiriman uang tenaga kerja Indonesia (TKI) selama empat bulan ini berasal dari Arab Saudi, disusul negara-negara di kawasan Timur Tengah lainnya, seperti Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar, sedangkan Malaysia hanya 3,49 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Barat (NTB) Wahyudin, di Mataram, Selasa.

Ia menyebutkan para TKI mengirimkan uang kepada sanak keluarganya melalui bank dan "Western Union" yang bekerja sama dengan Perseroan Terbatas (PT) Pos Indonesia.

Data Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB, tercatat nilai remintasi yang ditransfer melalui perbankan selama periode Januari-April 2015 mencapai Rp117,392 miliar, sedangkan dari PT Pos Indonesia Cabang Mataram senilai Rp357,06 miliar.

Kiriman uang terbesar dialamatkan ke Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara, senilai Rp52,66 miliar, disusul Kabupaten Sumbawa Rp34,81 miliar, Kabupaten Bima dan Kota Bima Rp25,48 miliar, Lombok Tengah Rp1,71 miliar, Dompu Rp1,48 miliar, dan Lombok Timur Rp1,22 miliar.

"Kiriman uang para TKI ini sangat membantu keluarga mereka yang menjadi petani di kampung halaman, terutama ketika harga hasil pertanian rendah," ujarnya.

Wahyudin memperkirakan jumlah uang yang akan dikirim para TKI di luar negeri, terutama dari negara di kawasan Timur Tengah, dalam beberapa tahun ke depan akan berkurang sebagai dampak kebijakan penghentian atau moratorium pengiriman TKI ke 21 negara di kawasan Timur Tengah.

"Mungkin tahun ini dan tahun depan kiriman uang TKI masih seperti tahun lalu karena TKI yang sudah bekerja tidak dipulangkan, meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan moratorium," ucapnya.

Pemerintah Indonesia menghentikan pengiriman TKI untuk bidang pembantu rumah tangga ke 21 negara-negara Timur Tengah, yaitu Aljazair, Arab Saudi, Bahrain, Irak, Iran, Kuwait, Lebanon, Libia, Maroko, Mauritania, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Sudan Selatan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania. ***3***

(T.KR-WLD/B/E005/E005) 02-06-2015 18:33:45