Tangerang mengembangkan kampung tematik berbasis wisata

id kampung tematik tangerang,kampung wisata,Tangerang, wisata tematik

Tangerang mengembangkan kampung tematik berbasis wisata

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh. ANTARA/Irfan

Tangerang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang melakukan pengembangan di kampung tematik di wilayah itu menjadi berbasis wisata untuk menarik pengunjung datang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Selasa, menuturkan program pemberdayaan masyarakat ini berbentuk pembinaan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap kelompok masyarakat dalam mengembangkan kampung tematik di wilayah masing-masing.

Kampung tematik yang berjumlah puluhan dan tersebar di seluruh Kota Tangerang tersebut, dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan kesempatan terlibat dalam program ini dan dapat ditingkatkan menuju level yang lebih tinggi, yakni kampung tematik berbasis wisata.

"Kampung tematik selama ini telah menjadi entitas unggul yang dimiliki Kota Tangerang. Semua juga tahu, kampung tematik selama ini juga mempunyai potensi wisata yang berdaya tarik tinggi. Jadi, Disbudpar Kota Tangerang lewat program ini akan memberikan intervensi berupa pembinaan bagi para pengelola di lapangan agar kampung tematik tersebut dapat berkembang menjadi wisata yang dapat dibanggakan Kota Tangerang,” katanya.

Ia mengatakan program ini juga diperuntukkan untuk seluruh kampung tematik secara terbuka. Saat ini, Disbudpar Kota Tangerang sedang melakukan proses sosialisasi serta menginventarisasi untuk memetakan kampung-kampung yang belum pernah terlibat dalam program ini dan mempunyai potensi daya tarik pariwisata yang cukup besar.

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kampung tematik berbasis pariwisata ini akan terus dilakukan secara intensif, karena mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dalam peningkatan kesadaran masyarakat serta peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengelola kampung tematik ke depannya.

Baca juga: Labuan Bajo Kembangkan wisata tematik
Baca juga: Pembangunan lapak pedagang di wisata Giong Siu selesai


“Program ini sangat penting untuk diakses komunitas atau kelompok masyarakat yang selama ini bergerak mengembangkan kampung tematik di wilayah masing-masing. Karena, kampung tematik yang diorientasikan sebagai wisata dan dikelola secara optimal mampu meningkatkan daya tarik pariwisata serta memberikan sumbangsih pemasukan daerah ke depannya,” ujarnya.