Pertamina Dumai hemat Rp14,4 miliar gunakan "ownused"

id Kilang Pertamina Dumai, Pertamina hemat biaya,Bahan bakar ownused

Pertamina Dumai hemat Rp14,4 miliar gunakan "ownused"

Kilang Pertamina RU II Dumai. (ANTARA/HO-Pertamina)

Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai, Provinsi Riau telah menghemat biaya hingga Rp14,4 miliar dengan menjalankan strategi inisiatif pemanfaatan bahan bakar "ownused" jelang momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78.

Direktur Keuangan PT KPI, Fransetya Hasudungan Hutabarat, Kamis menjelaskan ini sejalan dengan semangat untuk terus bergerak maju dan berkontribusi positif terhadap keberlanjutan bisnis dan lingkungan. Inisiatif dimaksud adalah pemanfaatan bahan bakar "ownused diesel engine" yang diimplementasikan di beberapa lokasi penting.

"Inovasi ini merupakan langkah yang positif untuk PT KPI Unit Dumai dan PT KPI, di mana inisiatif ini merupakan hadiah di momen peringatan HUT RI ke-78, dengan harapan seluruh unit PT KPI dapat menerapkan inovasi ini dan terus berkolaborasi sesama perwira (karyawan)," katanya.

Dia mengatakan penghematan ini mencakup "water pump station" (WPS) Rokan, water treatment plant (WTP) Bukit Datuk, dan juga untuk kebutuhan peralatan mesin di "Maintenance Area". Penerapan ini membuat proses operasional PT KPI Unit Dumai jauh lebih cepat, efisien, dan ekonomis.

Menurut dia, penggunaan bahan bakar ownused ini menghasilkan penghematan biaya yang cukup substansial dengan perkiraan penghematan sebesar Rp1,2 miliar per bulan atau Rp14,4 miliar per tahun.Namun, manfaatnya tidak berhenti di sana. Terdapat potensi penghematan biaya yang lebih besar melalui program pemanfaatan bahan bakar ADO Ownused untuk operasional Kendaraan Ringan Perusahaan (KRP).

Proses pemanfaatan bahan bakar ini melalui tahap diskusi kelompok, evaluasi teknis, penyediaan sarana, serta prosedur pengoperasian yang matang. Setelah memastikan kualitas bahan bakar sesuai standar, dilakukan proses penyaluran bahan bakar dari tangki produk ke tank truck untuk selanjutnya dikirim ke lokasi tujuan.

Baca juga: Pertamina pastikan pasokan elpiji subsidi di Banyuwangi normal
Baca juga: Pertamina menggandeng Kemendag perkuat program UMK Academy


"Inisiatif ini merupakan bukti nyata kapabilitas Perwira PT KPI Unit Dumai dalam mewujudkan efisiensi dan produktivitas untuk memperkuat bisnis. Prestasi ini juga selaras dengan semangat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, yang menginspirasi pergerakan maju untuk mencapai Indonesia yang lebih baik," tukasnya.